5 Tempat Menarik di Garut yang Bikin Liburan Kamu Makin Berkesan

Liburan ke Jawa Barat, jangan melulu pilih Bandung. Coba pilih juga Garut! Apalagi kini banyak promo dari berbagai maskapai penerbangan seperti tiket pesawat Sriwijaya Air untuk rute perjalanan domestik yang lebih cepat dengan harga murah.

Sebagai kota yang masih kental dengan tradisi dan alam yang belum tersentuh asap polusi, Garut sangat cocok dikunjungi bersama orang tercinta. Baik itu saat akhir pekan maupun libur panjang. Pilih menginap di hotel atau villa dan nikmati kehangatan bersama keluarga tercinta selama di kota ini. Plus, segera beli tiket pesawat Sriwijaya Air kamu, ya.

Berikut ini, ada 5 destinasi wisata Garut yang bisa kamu pilih untuk liburan bersama keluarga tersebut.

1. Gunung Papandayan

sumber:easytourbandung.com
Belum punya pengalaman mendaki gunung? Tenang saja! Gunung Papandayan tidak hanya untuk para pendaki profesional, kok. Kamu yang baru pertama kali naik gunung pun tetap dapat mendaki sampai ke puncaknya.


Sebelum sampai di puncak dan menikmati pemandangan sunrise atau sunsetnya, selama di perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan indah. Mulai dari deretan pepohonan, kawah, sumber air panas, ilalang, hingga padang Edelweiss.

2. Cipanas
sumber:upstatin.id
Mandi air panas dipercaya dapat merilekskan tubuh. Di Garut, kamu bisa berendam air panas untuk menghilangkan pegal-pegal serta menenangkan pikiran dengan pemandian Cipanas ini. Panas airnya alami, mengalir langsung dari pegunungan. Berbagai kandungan mineral di dalamnya pun dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit kulit.

Selain berendam air panas, kamu juga bisa bermain di waterboom atau menikmati kuliner khas Sunda ditemani pemandangan alam yang indah di sekitar.

3. Kampung Sampireun
sumber:inigarut.com

Ingin suasana menginap yang berbeda saat di Garut? Pilihlah menginap di Kampung Sampireun. Resort ini didesain dengan bentuk perkampungan yang konsepnya sangat unik.

Penginapannya merupakan bungalow-bungalow yang disusun mengelilingi sebuah danau. Para tamu dapat mengitari areal danau menggunakan perahu yang sengaja disediakan di setiap bungalow tersebut.

Kamu akan merasakan suasana tanah Pasundan yang nyata, mulai dari hawa sejuk yang menyelimuti, gemercik air, kebun bambu, hingga alunan musik tradisionalnya. Saking terkenalnya, resort ini banyak dijadikan tempat syuting FTV dan video klip loh!

4. Arung Jeram
sumber:kemanaajaboleeh.com
Sungai di Garut masih bersih, tidak terhalang sampah-sampah. Sehingga, arus masih besar dan lancar. Kamu bisa mencoba menjajal arus di sungai yang ada di Garut ini dengan arung jeram.

Sungai Cikandang menjadi salah satu sungai yang memberikan fasilitas untuk arung jeram tersebut. Termasuk, fasilitas pendamping untuk para pemula yang masih takut jika tidak ditemani.

5. Candi Cangkuang
sumber:wikipedia.org
Di antara candi-candi yang ada di Indonesia, salah satu yang ternama ada di Garut. Namanya, Candi Cangkuang. Candi ini menjadi bagian sejarah dari penyebaran agama Hindu dan Islam di tanah air, khususnya di Jawa Barat. Antara lain, terdapat Arca Dewa Siwa, Al-Qur’an abad ke-17 M, naskah khutbah Jum’at terpanjang di Indonesia, dan Kitab Fiqih.

Kalau kamu hendak ke Garut mengambil jalur dari Bandung, kamu cukup ke arah Cileunyi saja dan masuk ke Rancaekek. Seterusnya, kamu akan melewati Nagreg yang terkenal sangat macet saat musim mudik tiba. Hingga ke Garut, rute perjalanannyaa mudah diikuti karena banyak petunjuk jalan ke sana.

Kalau malas menyetir atau tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan angkutan umum. Banyak bus dan elf yang menuju ke sana. Tapi, saran terbaik, pilih tiket pesawat Sriwijaya Air biar gampang.


Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Suka sama mie ayam, kuwaci lovers dan lagi butuh patner piknik yang suka motoin, bukan yang minta dipotoin ^^v.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar