Soto Lenthuk dan Rujak Eskrim, Menu Andalan Ketika ke Pakualaman

Berhubung beberapa hari ini miss Risna dalam keadaan yang kurang fit maka untuk kali ini ijinkan miss Risna untuk bercerita tentang makanan. Makanan ini bisa di bilang makanan favorit miss Risna. Mungkin karena makanan ini adalah makanan kesukaan bapak sama ibu.Hehehehe...Soalnya bapak sama ibu kalau lagi pergi sama aku, kalau aku tanya mau makan apa? Jawabannya pasti Soto. Ada beberapa soto yang jadi yang jadi langganan kami, cuma hanya ada dua warung soto yang rasanya dan porsinya tuh bikin kangen. Dau warung soto itu adalah Soto Lethuk Puro Pakualam dan Soto Bu Kantin SMA 1 Sentolo.
Soto Lenthuk Pakualaman
Dua soto ini emang mempunyai cita rasa yang berbeda. Sedikit cerita ajah kalau soto bu kantin mungkin soto paling murah dengan rasa dan porsi yang mewah. Soalnya aku inget banget dulu jaman SMA dengan uang Rp 1500 itu udah dapat semangkok penuh soto ayam + nasi dan terakhir kesana harga gak sampai Rp 5000. Hanya saja kali ini akan bahas tentang soto yang ada di komplek Pura Pakualaman. Masih teringat jelas, awal ngarasin soto di sini dulu adalah ajakan dari mbak-mbakku. Nah di Pakualaman ini emang banyak tenda-tenda atau pedagang kaki lima makananan. soto, mie ayam, batagor, lotek, gado-gado dll ada semua. Cuma waktu itu pertama kali nyoba Soto Lenthuk dan berhubung di samping ada yang jual Rujak Eskrim maka sekilan pesan rujak Eksrim.Nah yang akan aku bahas pertama kali ada tentang Soto Lenthuk dulu.


Kesukaan miss Risna, sate usus ati ampela
Soto Lenthuk yang ada di Pakualaman ini ada dua. Dulunya sih sering banget makan di soto lenthuk yang disamping rujak eksrim tapi pada akhirnya aku pindah ke Soto Lenthuk Pak Marto yang deket dengan pohon beringin. Oh ya ... soto lenthuk ini adalah soto yang didalamnya juga seperti soto lainnya hanya saja ada potongan lenthuk (semacam perkedel dari singkong), tahu-tempe bacem dan ayamnya adalah ayam kampung. Yang membuat aku jatuh hati kenapa milih makan soto lenthuk pak Marto ini adalah karena bumbu bacemnya bener-bener menyerap banget ke tahu-tempe dan ayamnya plus rasa dan tekstur dari lenthuk-nya itu loh....mbeh, PAS. Apalagi kalau ditambah sama sate usus dan ati ampela nya mbeh nendang coy.Satu lagi adalah porsinya banyak dengan harga yang biasanya miss Risna habiskan adalah Rp 14000 (Soto, Usus 1 dan es jeruk). Jadi buat kalian yang penggembar soto boleh dicoba atau buat kalian yang nyari makanan dengan porsi banyak.hahahaha
Rujak Eskrim Pakualaman
Satu lagi yang harus kalian coba ketika bekunjung ke sini adalah Rujak Eskrim. Rujak Eskrim adalah Rujak buah dengan toping es dung-dung. Yuppy es dung-dung atau eskrimnya Indonesia. Eskrim yang terbuat dari santan kelapa yang dibuat secara tradisional. Sebenarnya sama seperti soto tadi yaitu sudah banyak tersebar rujak eskrim ini. Hanya saja rujak eskrim ini yang paling hits dan emang gak bisa di pungkri bahwa rasa dari bumbu rujak ini emang pas. Buat yng gak suka pedas santai saja, Rujak eskrim disini sambal buat yang ekstra pedas di pisah kok. Nah... rasa dari bumbu rujak yang pas dengan parutan aneka buah ini akan membuat kejutan di lidah kamu ketika disantap bersam es dung-dung tadi. Yuppy, es dung-dung disini rasanya enak binggit walau masih kalah sama es dung-dung yang sering lewat depan rumah. hehehehehe.
Mbeeh es dung-dung itu loooh moooiss
Jadi ketika kalian berkunjung ke Pura Pakualam, alangkah baiknya kalian mencoba sejenak kuliner yang ada di depan Pura Pakualam ini.

Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Punya tekad buat explore plus santai manja di ujungnya baratnya Indonesia, alamnya Indonesia Timur, lihat oppa-oppa langsung di negaranya, menginjakan kaki di daratan negara Penjajah Indonesia dan bakalan kolaborasi sama idola Aamiin ^^v.

4 komentar:

  1. wahhh puasa" di suguhin ginian hahaha hseeehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sekarang masih puasakah? boleh dicoba loh mas angki ^^v

      Hapus
  2. menarik artikelnya
    http://obattradisionalacemaxs.net/

    BalasHapus