List Makanan Olahan Mie yang Bikin Ketagihan versi MissRisna

Hay hay hay ... kali ini Miss Risna bakal bahas tentang kuliner dengan bahan dasar mie. Soalnya kata temenku, aku ini adalah seorang perempuan yang hobi banget makan mie. Dikarenakan tiap aku ngajak dia makan mesti sering banget makan mie. Terlepas dari mie instan, entah yang di buat di rumah atau beli di burjo berikut adalah makanan yang berbahan dasar mie yang recommended banget (ya...makanan olaha mie yang bakal aku luangin walaupun jauh ataupun harus antri ^^v)


Mie ayam depan SD Unggaran Kotabaru_ Mangkok bisa dimakan
1. Mie Ayam Pak Man ( Mie ayam depan SMP N 1 Sentolo, Kulon Progo)

Penampakan Mie Ayam Pak Man

Sambel yang nampol binggit

Bisa dibilang, aku adalah pelanggan sejati mie ayam Pak Man ini. Dari awal warung mie ayam ini masih kecil hingga sekarang udah gede warungnya. Yups...jaman SD Mie ayam ini adalah tempat langganan aku dan teman-teman SD buat naktir kalau ada yang ulang tahun. Apalagi waktu SMP buaaah...bisa dibilang sering entah gratisan (Gratisan dari Mas Narto ... Thanks you so much mas ^^v) ataupun bayar sendiri. Nah kenapa aku merekomendasikan mie ayam ini?

Jawabnya adalah

Rasa dari mie ayam ini dari gue masih bocah sampai sekarang ini MASIH SAMA yaitu enak. Nah usut punya usut jaman kecil dulu waktu les di tempat pak Guru (Bapake mas Narto) rumahnya kan depan warung mie ayam ini. Pernah lihat tuh pembuatan mie ayam ini. Jadi Mie yang dipakai di mie ayam Pak man ini dibuat sendiri. Selain rasa ayam yang bumbunya meresap banget, sambal di mie ayam pak Man juga TOP buat aku yang suka pedas.Untuk harga seh terakhir kemarin kesana Rp 7000 dan minumnya Rp 2000 kalau gak salah soalnya terakhir kemarin ditraktir lagi sama Mboeli tertjinta. 
*update terakhir harga Rp 8000

2. Mie Ayam "Tunggal Rasa" depan SD Unggaran (Kotabaru, Yogyakarta)

Ingat Ungaran disini bukan Semarang ya (Teringat sebuah percakapan Icuk Parwoto dan Bram di Koskosan Gayam ) tapi di daerah Kotabaru. Kalau dari SMA 3 Yogyakarta ke arah barat entar ada perempatan  ambil lurus terus ajah yang ada tugu PLN yang penuh coretan grafiti. nah ntar ada SD Unggran kanan jalan, depan sd tuh lah ada tenda yang ramai banget. Itu lah Mie ayamnya. Kalu dari Arah Mailoboro ambil jalan ke toko-toko menjual bunga Kalicode ntar ada pertigaan pertama ambil kanan lurus terus ntar ketemu.


Mie ayam hijau ala depan SD Ungaran Kotabaru
Nah mie depan Sd Unggran ini lebih banyak variannya. Ada mie ayam biasa, mie hijau, bakso dll dengan porsi biasa ataupun Jumbo. Nah, awal mula kenapa bisa nemu nie mie ayam adalah dari ketidaksengajaan nyari alamat dan lewat di depan mie ayam ini kok rame banget. Hingga akhirnya suatu hari aku dan Mboeli menyempatan buat nyicipin kenapa mie ini begitu ramai pembeli. Daaaaaan.... tara emang enak coy. Waktu itu aku pesan mie ayam hijau + bakso dan Mboeli Mie ayam Hijau + bakso mangkok bisa dimakan. Penasaran kan sama mangkok yang dimakan? Yups mangkok dari mie ayam yang beli Mboeli ada 2 yaitu mangkok biasa kayak penjual-penjual mie ayam lainnya dan pangsit goreng sebesar mangkok. Selain itu dimeja atau di lesahan masih ada banyak kerupuk, pangsit, usu goreng dengan harag terjangkau. Untuk harga mie ayam disini terakhir kesana dari harga Rp 6000 - Rp 15000. Untuk minuman yang standar kayak  Teh, jeruk, nustrasi, pop  ice dengan harga Rp 2000.

3. Mie Ayam Pak Eko Sedogan (Tempel, Sleman)

Awal aku kenal atau tahu mie ayam goreng adalah dari Nuri teman SMA aku. waktu itu kita harus melalui  tiga kabupaten 2 provinsi untuk sampai di mie ayam goreng yang sangat terkenal di Jogja ini. Yups...dulu dari Kalibawang - Muntilan - Sageyan, Sleman. Sapa seh yang gak tau mie ayam Sayegan...yang selalu rame di cari pencinta kuliner dari mana-mana. Jam kurang 12 siangpun udah tinggal sisa mboooow.... Hingga akhirnya Edow (Temen Kuliah) mengajakku untuk ke Mie Ayam Pak Eko yang berada di Sedogan, Lumbungrejo Tempel, Sleman. Tepat berada disebah utara rumah Edow dan mie ayam ini ternyata sudah terkenal di media sosial foursquare.


Mie ayam pak Eko Tempel_Porsi terakhir sebelum tutup
Warung makan ini bisa dibalang sederhana banget dengan memanfaatkan bagian depan rumah untuk jualan tapi jangan tanya soal rasa??? buaaaah luar biasa WOW terutama mie ayam gorengnya. Untuk seporsi mie ayam kuah Rp 6000 kalau mie ayam goreng + Rp 1000. Kenapa bagi aku WOW, karena bagi aku dibanding sama yang Sayegan ataupun di daerah UGM  mie ayam goreng ini PAS !!! PAS bumbunya pas porsinya buat aku. Asal tahu ajah gegara aku pengen banget sama mie ayam ini pernah dari Kulon Progo bela-belain ke tempat Edow terus ke pak Eko ini menjelang malam untuk makan mie ayam goreng ini. Hampir sempat kecewa waktu Edow tanya masih enggak dan porsi mie ayamnya gorengnya habis. Tapi entah angin apa bapak Ekonya bilang " Kalau mau nunggu ntar tak buatin mienya dulu" dan akhirnya aku menunggu. Yuppy mie ayam pak Eko ini mienya buat sendiri mboooo.. fresh from the open aku makannya makanya aku bilang WOW soalnya enak dan selama ini kalau makan di mie ayam Pak Eko hampir greeeetong soalnya di traktir tetangganya pak Eko yaitu pak Edow.hahahaha...


Mie Ayam Goreng Pak Eko Tempel_pertama kali nyoba
Update :
Berhubung kemarin banyak yang nanya Mie Ayam Goreng Sayegan, miss Risna akan kasih penampakan dan sedikit celotehan :
Mie Ayam Goreng Sayegan

Potongan ayamnya gedhe-gedhe
Walaupun diatas miss Risna udah bahas sedikit tentang mie ayam Seyegan ini, sedikit mau nambahin kalu harganya itu Rp 8000. Pas kemarin datang beli lagi (datangnya pagi-pagi sekitar jam 10-an miss Risna kemarin)miss Risna nyoba menikmati secara slow. Mie ini mericanya terasa banget dan sambelnya emang beda sama sambel-sambel mie ayam lain. Sambelnya hampir mirip kayak sambel buat ayam goreng. Kayak ada ebinya gitu. Untuk porsi masih banyakan mie ayam goreng pak Eko. Mungkin karena mie di sini lebih besar. Cuma mie ini masuk dalam mie ayam Jogja yang sering dicari.

* Nah dari mie ayam di atas semunya ayamnya dimasak dengan bumbu (apa namanya kurang tahu daripada salah. Intinya bumbu coklat semacam kayak bacem/tongseng gitu). Inilah enaknya mie ayam Jogja. soalnya sekarang juga menjamur mie ayam/ sejenisnya dengan daging ayam yang putih suwir-suwir kurang pas dilidahku.


Masih lanjut ke mie selanjutnya

4. Ramen ( Tomu Ramen-Nikkou Ramen | Shoppu Ramen , Yogyakarta)

Untuk Ramen emang paling suka di dua tempat ini, alasannya sih ... (baca berikut)

(Intro)Nikkou Ramen merupakan kedai ramen yang sangat terkenal dikalangan mahasiswa Jogja. Kedai yang sekarang bertempat di Jalan Monjali utara Hotel Tentrem ini selalu ramai dengan pelanggan setianya yang emang mayoritas mahasiswa walupun tempatnya kecil. Kenal sama Nikkou ramen udah hampir 4 tahun yang lalu. Hampir semua varian di Nikkou Ramen ini pernah aku coba. Hingga akhirnya kemarin habis interview kerja mampir dan ada varian baru nyoba, yaitu TOMU RAMEN.


Tomu Ramen ala Nikkou Ramen
Apa itu Tomu Ramen? Tomu Ramen adalah Mie dengan kuas Tom yam dengan udang sebagi pelengkap.Kenapa aku merekomendasikan ini dari aneka varian yang aku coba? Soalnya bagiku kuah di tomyam di sini pas dengan rasa pedas asemnya hanya saja karena seleraku pedas makan aku tambahi chili paper dan itupun tak mengurangi rasa tomyamnya malah enak bingiiit. Yang perlu di ingat Nikkou Ramen ini memang rasa ramennya udah sedikit diubah dengan taste lidah orang Indonesia dan yang jelas Halal.


Shoppu Ramen
Misal Nikkou Ramen lagi rame banget atau akunya lagi limited bingit isi kantong celanaku aku juga sering ke Shoppu Ramen selatan Oultet Biru (OB) Seturan itu. Kalau di Shoppu ramen paling sering pesen sama Spicy Sukiyaki Ramen. Soalnya aku emang pencinta pedas (santai ajah ada yang pedas kok) dan kuah Sukiyaki ini lebih nendang di lidahku aku dibanding varian ramen yang lainnya. Sayangnya potongan beef ya emang kurang banyak. Ya di lihat dari Harga 12.500 rupiah emang seh wajar potongan beefnya sedikit banget tapinya mienya banyak kok santai saja (ya iyalah namanya juga Ramen). Nah kalau untuk minum recommend disini adalah yang ada olahan strowberrynya...makyus pokoknya.
Spicy Sukiyaki Ramen ala Shoppu Ramen

5. Bakmi Jawa depan Koramil Sentolo (Kulon Progo)
Pict from Mbak Ima

Bakmi jawa ini dulunya terkenal Bakmi sor Batu ABC (Bakmi bawah baterai ABC). soalnya dulu ada semacam papan iklan baterai ABC yang dibuat seperti bentuk Bateri ABC hanya saja sekarang udah hilang. Bakmi ini dulunya dikelolah oleh sepasang Simbah-simbah. Mbah Kakung yang masah Mbah putri yang meracik atau yang menyiapkan bahan. Awal mulanya seh males beli bakmi jawa disini. Soalnya lama bangeeeeeeeet ...... soalnya sekali masak simbahnya maksimal 2 porsi. Cuma usut punya usut, hal seperti itulah yang membuat bakmi itu enak dan beda sama yang lain.Masak masih pake areng dan minuman disini masih pake gula batu loh. Nah walaupun masaknya cuma per 2 porsi dan lama, keluarga aku termasuk pelanggang Simbah ini.

Nah kenapa kami malah jadi pelanggan tetap bakmi jawa yang terkenal lama ini?
Yups... simbahnya masak dengan dengan kasih sayang booo (hahahaha....alasanmu na'). Yang jelas ...mie yang dipakai hampir sama dengan bakmi jawa yang tersebar sekarang ini. Hanya saya simbahnya pake bihun dan perbandingan bihun ma mie kuning lebih banyak bihun. Cara masak simbah yang per dua porsi ini membuat rasa masakan konsisten perporsinya.Yang jelas bakmi jawa ini mempunyai rasa tersendiri dilidah aku, bahkan magelangannya.

Hanya saja sekarang sudah pindah ke generasi satu yaitu anak perempuannya. Soalnya simbahnya juga udah sepuh. Rasa hampir tak berubah hanya saja masakan anak dari Ibu penerus ini hasil masakan hampir menyerupai hasil simbahnya. WELL ... Bakmi ini tetap bakmi langganan Keluarga aku ^^V

Yuppy inilah akhir kisah dari mie lovers...selamat berwisata kuliner

Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Suka sama mie ayam, kuwaci lovers dan lagi butuh patner piknik yang suka motoin, bukan yang minta dipotoin ^^v.

10 komentar:

  1. Risna cbain mie ayam bu tumini sbelah terminal giwangan rasanya endesssssss bgt.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang mie ayam ceker itu kah? bisa-bisa. banyak temen yang merekomendasikan juga :)

      Hapus
  2. hayy risnaaa,,, ni ria pake id ne adekku,, hahaha
    sy sbnagai penggemar pak Man ikutan nyobloss aahh,,, klo mau maem mie ayam dbela-belain ke sentolo.. huhu.. oiya,, yg ak krg sreg itu bakmi jowo dpn koramil,, trakhir ak makan ada "kepik" ikutan dmasak :( untung dah suapan terakhir.. tp bdw yg dsana skrg anaknya,, si embah pindah warung ke daerah malangan, agak masuk ke desanya..banyakin posting MIE lg ya na.. hahaha :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ... iya mbak kalu yang bakmi depan koramil emang masih tetap yang jos generasi pertama kalau yang sekarang, bejo ketika anak si ibu yang mask. rasanya, cara masak dan kematangnnya hampir sama kayak si embah

      Hapus
  3. wah saya belum pernah coba semuanya e mbak ajakin bayarin mau dah haahahaha pizz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mas di coba. kalu masalah dibayari hampir dari menu yang diatas aku juga gratisan.hahahahah

      Hapus
  4. wiiiih enak banget nih, ane juga ada nih mie naripan yang legendaris di bandung ayo buruan mampir ya ke jl.naripan bandung www.facebook.com/mienaripan/

    BalasHapus
  5. ya ampun ris.. jd kngn mie ayam jogja :O :D

    BalasHapus