Hangatnya Mentari dan Dinginnya Hujan di Hutan Mangrove Kulon Progo


Sunrise di Hutan Mangrove Kulon Progo

Pagi itu, sehabis subuh sebelum terbit fajar. Tepatnya di hari Minggu di tanggal 22 Februari 2016, aku punya janji dengan 3 sahabatku. Ya kami janjian untuk piknik bersama di pagi hari sebelum mentari menampakan diri. Destinasi yang kami pilih adalah sebuah hutan mangrove yang berada di ujung barat Kabupaten Kulon Progo. Tempat ini memang sedang naik daun di social media instagram waktu itu (walaupun sekarang masih bertebaran dan makin hist). Walaupun di pertengahan tahun 2015 foto-foto tentang hutan mangrove ini sudah berlalu lalang di berada social mediaku, tapi baru hari itu aku bisa mendapatkan slot untuk datang bersama sahabat-sahabatku.

Testing kamera dulu
Tempat parkir hutan mangroe
Tempat berada di Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kulonprogo. Hutan Mangrove ini merupakan hutan konservasi yang berada di barat Pantai Conggot atau sebelah barat Jembatan sungai Bogowonto. Rute yang bisa kamu pilih untuk bisa ke Hutan Mangrove ini jika dari Kota Jogja adalah menujulah ke Jalan Jogja-Wates -- ambilah arah ke Purworejo (gunakan Jalan Nasional ajah) -- Ambil arah Glagah / Pantai Conggot dan ambil jalur Jalan Deandeles (Jalur Lintas Selatan) -- Setelah kamu melewati jembatan Sungai Bogowonto sekitar kurang lebih 300-500 meter kiri jalan ada papan petunjuk bertulisan "Hutan Mangrove Wanatirta" ikuti ajah jalan aspal tersebut hingga berganti jalan cor blok semen yang akan membawamu kesebuah tempat parkir dan beberap warung yang dikelola oleh warga sekitar. Tarif untuk parkir motor adalah Rp 2000 dan mobil Rp 5000 untuk retribusi masuk.
Mentari pagi di Hutan Mangrove Kulon Progo

Jalanan sampai Hutan Mangrove, Kulon Progo

Foto kiriman MissRisna (@risnadianti) pada


Nah kalau aku dan temen-temenku ada 3 orang. Mereka adalah Dian, Milan, dan Oeli. Kami yang janjian jam 5 waktu itu kumpul di rumahku. Dolan kali in, aku mencoba untuk sewa kamera action yang aku sewa di @kulon_gopro(IG).Ceritanya sewa Yi Cam, cuma ketika sebelum hari H si miminnya bilang kalai Yi Cam nya ternyata di pakai dan aku dapat Go Pro Hero 4 dengan harga Yi Cam Full Day. Fasilitas yang aku dapat adalah lumayan komplit neh dan sepertinya standar sewalah. Istimewanya adalah dapat harga miring ajah. Setelah kumpul, kami pun segera menluncur dan membelah dinginnya pagi itu. Sempat dag-dig-dug karena awan mendung sepertinya kan menyapa Minggu pagi kami. Cuma Alhamdulillah perlahan mendung itu berjalan. Kami sempat mau putar balik karena gak bertemu dengan papan Hutan Mangrove. Yups hutan Mangrove Kulon Progo ini bernama Hutan Mangrove Wanatirta. Cuma ketika kamu menemukan di instragram atau google ada banyak nama untuk Hutan Mangrove ini, dari Hutan Mangrove Conggot, Hutan Mangrove Pasir Mendit, Hutan Mangrove Jembatan Api-api, dan lebih global adalah Hutan Mangrove Kulon Progo.
Mulai kelihatan mataharinya
Awan mendung pagi itu
Pagi itu ketika kami sampai parkiran, hanya ada beberapa motor yang terparkir dan kami hanya di tarik uang parkir saja. Kamipun sgera menuju lokasi yang katanya di namakan Hutan Mangrove. Alhamdulillah Mentari telah terbit dan telihat. Kamipun segera berkeliling dan crek-crek dengan memilih spot masing-masing. Hal yang harus kamu perhatikan adalah bahwa kamu harus hati-hati, karena jembatan yang ini terbuat dari bambu dan bebrap ada dari kayu. Masih seadanya ajah sih. Beberapa ketika aku datang sih ada yang trelihat sudah mulai goyang tapi beberapa yang masih baru masih kuta kok. Sayangnya, mendung spertinya ingin menyapa kami waktu itu. Rintik hujan pagi itu semakin deras dan membuat kami hari segera berlari ke tempat parkir. Kamipun segera menuju warung yang buka pagi itu, karena atap parkiranpun ternayta baru seadanya. 
Dian berpose di Hutan Mangrove
cheesss...Milan ^^v
Smile ...Mboeli
Selama di warung ini, kamipun sedikit berbincang dan mencari informasi entang hutan mangrove ini. Yups, hutan mangrove ini memang sedang dalam rintisan untuk menjadi tempat wisata. Kedepannya akan di bangun sebuah gardu-gardi di bebrapa titik di hutan mangrove ini. Tentu saja juga perbaikan jemabtan yang menjadi jalannya kita menikmati hutan mangrove akan di cantik dan diperkokoh.(Untuk ini, tentu sudah bisa di lihat di foto-foto yang bertebaran di instagram, bahwa sudah banyak kemajuan untuk kenayman pengunjung)Cuma tidak lupa bahwa pelestarian pohon mangrove juga dilakukan. Hal ini lebih penting karena menjaga habitat sekitar pantai dari bahaya barasi dan lainnya. Biasanya hutan mangrove ini akan ramai pengunjung ketika weekend dan waktu sore hari. Gak salah sih, memang tempat ini bisa dijadikan tempat menikmati sunset yang ciamik. cuma menurutku waktu pagi sambil menunggu matahari terbit juga mengasyikan. 

Ada yang mancing di belakang
Yuk makan dulu^^v
Setelah hujan reda, perbincangan kamu yang sambil makan pop mie dan teh hangat pagi itu berhenti. Karena kami ingin menjalutkan perjalanan kamu. Dari hutan Mangrove kami mencoba untuk melewati Pantai Conggot yang lanjut Ke pantai Glagah lewat jalanan tepi sepanjang pantai. Dolan kami minggu pagi itu berakhir di sebuah warung soto langgan Dian dan mas patjar.  

[BONUS]
Video kiriman MissRisna (@risnadianti) pada

Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Suka sama mie ayam, kuwaci lovers dan lagi butuh patner piknik yang suka motoin, bukan yang minta dipotoin ^^v.

6 komentar:

  1. Naksir sama Spot ini,,,ga mampir ke spot "Api-apinya" yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kesana kan masih belum ada mas, ini masih awal pas hutan mangrove akan jadi tempat wisata

      Hapus
  2. Wih makin seger aja blognya.
    sekarang eksis pakai action-cam ya mbak, emang lebih asik ya, ringan, kamera gedenya buat aku aja, hehehe.
    BTW aku malah belum pernah kesini, sepertinya asik, yuk kesini lagi anterin aku. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...kamera gedhe masih mas, kamera action masih sewa2 syantik. mau beli masih mikir mas. Monggo mas ke Hutan ini, biar tambah kece

      Hapus
  3. Lokasi nya instagramable banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya sih gitu kakak, tapi mending datangi langsung ajah deh ^^v

      Hapus