Menikmati Hijaunya Alam Kulon Progo dari Tompak View Girimulyo

Hari Rabu tanggal 28 Januari 2015 akhirnya kembali lagi berpatner dengan Mboeli untuk dolan ke salah satu kecamatan di Kulon Progo. Awalnya sih hari sebelum sebelumnya udah janjian sama Pondong buat dolan tapi pending gegara aku terkena insomnia. Jadi kalau hari Selasa itu aku paksain mbeeeh bakal pusing malahan jadi di pending dulu. Eh...Selasa sore harinya Mboeli ke rumah ngopy drama Korea karena lagi libur kerjanya. Makanya di hari Rabu menjadi hari kami dolan bareng lagi. Udah ngajak Pondong sama Arumy tapi mereka gak bisa jadi ya kita berdua saja. Nah malamnya aku sms dulu sama teman SMA aku yang rumahnya di Girimulyo. Ya tujuan kami adalah beberapa obyek wisata Girimulyo lagi hist banget saat ini. Berhubung temenku ini tahu seluk beluk tempat kece di Girimulyo plus dia emang jadi admin di sosial media yang menyampaikan tempat-tempat kece di Girimulyo maka aku pun tanya info rute dan cuaca pastinya. Soalnya hari Minggu, 18 Januari 2015 pernah ke air terjun Girimulyo eh sampai sana hujan yang tak berhenti-henti dan ketemu sama temenku ini. Dia bilang makanya kalau mau kesini kasih kabar dulu. Tanya cuaca biar gak kecewa plus siap jadi guide.Hehehe...
Hijaunya Kulon Progo

Yuhu ... hingga akhirnya Rabu pagi yang cerah plus dapat kabar juga dari Desy (nama temen SMAku) kalau Girimulyo cerah. Tujuanku dan Oeli hari itu adalag Curug Setawing, Air Terjun Mbang Soka (Kembang Soka), dan Air Terjun Kedung Pedut. Jam 09.00 akupun jemput Mboeli dan sampai sana masih dandan. Setelah selesai dandannya kamipun cus menuju pom bensin untuk mengisi full bensin motor kami. Soalnya kemarin sempat nyaris kehabisan pas di Girimulyo dan penjual bensinnya jarang-jarang kalaupun ada kadang sudah habis. Jadi buat kalian yang mau main, tak ada salahnya untuk isi full bensin kalian di pom bensin sebelum memasuki Girimulyo. Kamipun segera melajukan motor kami. Rute yang kami ambil adalah Sentolo (Pertigaan Ngeplang) - Ploso - sehabis pabrik batu ada jalan cawang tiga ambil yang tengah - pertigaan Tanjung ambil kanan arah Girimulyo - pertigaan pohon beringin  kiri  arah kecamatan Girimulyo - pasar Sribit ambil yang lurus jalan nanjak - siapin gas pol dari bawah ya - dah lurus terus - ada pertigaan masih lurus.

Rute Perjalan miss Risna dan Mboeli
Gazebo -Tompak Giripurwa Girimulyo Kulon Progo
 
Berada di tepi jalan menuju Gua Kiskendo atau arah Kaligesing
Kami akhirnya menghentikan laju motor kami ketika ada dua buah gazebo di pinggir jalan. Ada yang bilang tempat ini adalah gardu pandang Tompak. Ya karena gazebo (ya karena lebih mirip gazebo kalu kataku) ini berada di dusun Tompak, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo. Gardu pandang atau gazebo ini berdiri di tepi jalan. Bangunan yang dibangun dengan bambu dan beratapkan rumbai daun kelapa yang telah kering ini emang menjadi salah satu tempat untuk menikmati alam pegunungan Menoreh. Sensasinya karena gardu pandang ini berdiri nyaris di atas jurang atau tebing ini yang bikin aaah gitu dah. Pemandangan sisi selatan dan tenggara terlihat dari sini walaupun masih bukit menoreh menghiasi pandangan kita. Waktu itu jalanan juga sepi dan kamipun berfoto-foto ria dan sejenak menata detak jantung yang dari tadi selalu gas pol karena jalannya nanjak.hahaha... Sambil menikmati pemandangan dan sekitar. Akhirnya aku mengerti kenapa gazebo ini didirikan atau di bangun. Yaitu untuk beristirahat untuk para petani, mencari rumput, atau yang lainnya. Soalnya kemarin di gazebo sebelah emang banyak bapak-bapak dan ibu yang beristirahat. Barang bawaan mereka rerumputan dan barangan dagangan yang rata mereka mengunakan transportasi sepeda othel atau jalan kaki. Hahaha .. emang sih ini kesimpulanku sendiri, soalnya bayangkan jalanan di Girimulyo ini diwarnai dengan tanjakan dan turun yang lumayan ekstrim walaupun jalannya udah beraspal tapi yo kesel nek ngepit ro mlaku.hehehe. So... selain buat menikmati alam Kulon Progo emang nie gazebo Tompak bermanfaat banget.hehehe...
View dari Tompak View
Jiwa selfie Mboeli itu udah akut
 
tsenyum kakak ^^v
Akhirnya berpatner lagi kita dolannya mbok ^^V
 
Setelah kami asyik menikmati pemandangan di Tompak ini dan cukup puas motonya kami segera bergegas kembali melanjutkan perjalanan. Nah dari Tompak view ini ketika akan melanjutkan perjalanan kami langsung disuguhi tanjakan yang lumayan menukik. Jadi siap-siap ya. Nah destinasi kami selanjutnya adalah Curug Setawing. Akankan kami berhasil sampai Curug Setawing? Ceritanya ada dipostingan selanjutnya.

Neh peta wisata Girimulyo | pict : FB - Panorama Girimulyo

Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Suka sama mie ayam, kuwaci lovers dan lagi butuh patner piknik yang suka motoin, bukan yang minta dipotoin ^^v.

6 komentar:

  1. Dirimu sebagai warga Kulon Progo Binangun memang benar-benar niat sekali mengulas potensi wisata di daerah asalmu ya mbak Ris? Wekekeke :D

    Salut! Lanjutkan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ... ini sebagai ungkapan minta maaf saya beberapa tahun lalu mas. Dulu hobi banget dolan di kab. tetangga krn pesona pantai (maklum beach lovers) dan alamnya. Eh setelah sadar bahwa kulon progo itu berlian yang belum terasah ajah. jadi kurang silau dan orang-orang jg harus tahu itu. heheheh ^^v

      Hapus
  2. Aku juga masih hobi main ke kab tetangga...mau main ke kab sendiri belum ada temennya...semoga mbak Risna mau nemenin aku...hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...siap mas. mari eksplore kulon progo. pasti aneka spot kece akan tereksplore tjantik dari mata lensa mas andana ^^v

      Hapus
  3. Nice Info mba..Picnya jg bagus2. next time i'll be there aahh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alam menoreh emang fotogenic jadi bagus saat tertangkap kamera kakak, monggo jalan2 ke Kulonprogo

      Hapus