Clapar, Tempat Menikmati Alam Kulon Progo Dalam Ketenangan

#np(masih ditemeni lagunya) Ran ~ Dekat Dihati

Berawal dari ajakan Simbah (nama panggilannya Astona) buat ke Kalibiru yang udah berkali-kali gagal. Akhirnya kemarin Minggu, 28 September 2014 terlaksana juga ke Kalibiru. Terus apa hubungan Clapar dengan Kalibiru? Berikut adalah kronologis kejadiannya :

Parody Angry Bird

Jadi hari minggu kemarin Simbah memastikan diri kalau bakal ke Kalibiru nah, aku hubungi temen kami sekelas pas kuliah yaitu Anto yang rumahnya tak begitu jauh dari Kalibiru untuk setidaknya menunjukkan jalan. Soalnya aku lupa-lupa ingat kalau lewat daerah Clereng kalaupun mau lewat Sermo aku lumayan ngeri dengan tanjakannya. Hehehe ...maka aku menghubungi Anto supaya menemani kami plus kan reuni kecil-kecilan I Class gitu. Tinggal nunggu Simbah-nya ajah nih yang baru OTW dari Wonogiri jam 07.30 dan itupun mampir kos-kosan anak-anak dan berhasil menculik 3 orang yaitu Irvan yang emang lagi liburan di Jogja, Arif dan Rozy. Nah mereka BBM aku seh udah OTW dari jam 11 kurang lah. Aku tunggu sampai jam sekitar jam setengah satu kok belum datang. Khawatirnya meraka kesasar eh ternyata mampir dulu ke soto Simbok tapi pada akhirnya kesasar juga dengan salah belok dan tibalah mereka sekitar jam satu siang.

Setelah istirahat sejenak, kamipun segera menuju rumah Anto yang berada di daerah Clereng tapi lebih rincinya aku gak tau dan itu privasi (ntar kalian datangi..hahaha).Nah setelah kami sampai dirumah Anto seperti biasa ngobrol-ngobrol dulu hingga akhirnya ditawarin ke Kalibiru-nya lewat yang jalan kemarin apa yang dibelakang rumah dia? Lah sontak tanya dong emang bedanya apa? Anto jawabnya lebih menantang dan lebih keren viewnya. Ya kami pun mengiyakan ajakan tersebut dan segera berangkat.

Batu tebing salah satu sudut Clapar

The Laki-laki
Yeaaah ...ini alam Kulon Progo

Dari rumah Anto kamipun segera mengikuti jalanan aspal tersebut. Dan emang bener seh aspalnya udah mulai rusak sana-sini dengan medan yang penuh tanjakan dan emang bener menantang banget kalau buat sepeda-an dan motor matic kayak aku kemarin. Tapi dari sinilah aku menemukan sisi lain Clapar yang memiliki rute perjalanan ke Kalibiru yang penuh tantangan ini. Banyak spot-spot di Clapar yang awesome banget, ditambah kemarin pas musim kemarau. Banyak daun yang berguguran dijalanan. Kesannya jadi epic banget dech. Kamipun diberhentikan di beberapa titik dusun Clapar yang memang punyai spot keren sesuai dengan petunjuk si Anto.

View dari batu tebing Clapar
View Pantai selatan

I feel free

view dari Clapar emang awesome

GALAU !! jangan kesini
Jangan ditiru ya

Nah yang pertama ketika kami sedang berada di jalan tanjakan setelah SD dan proyek yang banyak alat berat sedang menambang batu gitu ada sebuah alas (kebun dalam  bahasa Indonesianya) di tepi tebing batuan yang lumayan luas untuk duduk-duduk atau  bisa buat mendirikan tenda. Dari batu inilah kita bisa menikmati sensasi pemandangan kota Wates, Bantul, Pengunungan seribu dan karena waktu itu sangat cerah kita bisa lihat jejeran pantai selatan Jogja loh. Cuma aku gak menyarankan bagi kalian yang galau untuk ke sini. Kalaupun kesini kalian harus didampingi.hahahaha...Oh ya kata Anto juga di deket SD yang kami lewat tadi nantinya juga akan dibuat waduk buatan seperti Embung Kleco atau Embung Banjaroya. (Mari kita tunggu ... lumayan nambah lagi wisata Kulon Progo).

Viewnya keren sayang kabelnya rada menganggu

Jalan menuju batu Clapar

Batu di dusun Clapar
Kamipun segera melanjutkan perjalanan kami menuju Kalibiru, tapi lagi-lagi kami berhenti untuk menikmati sebuah batu yang bertengger begitu kokoh dipinggir jalan. Ini masih di Clapar kok dan kamipun segera memarkiran motor kami di pinggir jalan.Para lelakipun segera berjalan menuju batu itu dan memanjatnya. Sedangkan aku dan Ichut menikmati beberapa spot yang ternyata kita bakal bisa lihat penggunungan Menoreh sisi utara dan beberapa kota di kabupaten Kulon Progo yang berada disebelah utara. Nah...tiba-tibu Ichut pengen naik ke atas batu tersebut. tapi gak jadi gegara medannya lumayan sulit dan dianya juga gak yakin. Sedangkan Simbah, Rozy, Arif dan Irvan telah sampai di puncak batu dan berfoto-foto ria. Kata meraka dari situ  mereka bisa lihat pemandangan lebih luas lagi cuma anginnya lumanyan gedhe kalau pas mereka berdiri. Eamnang seh waktu itu tetiba mulai mendung.Plus Jujur ajah ketika berada disini jadi teringat tayangan My Trip My Adventure sabtu lalu yang sedang liputan di Batu Pandang Dieng.hehehe...Sayangnya batu di Clapar ini lumayan terganggu viewnya dengan adanya kabel listrik yang melintas,jadi kesan alaminya sedikit kurang.Dan satu pesenku kalau kalian kesini dan emang pengen menikmati pemandangan dari Batu yang ada di Clapar ini hati-hatilah dan gunakan alas kaki yang pas biar pinjakan di batunya juga enak.

Puncak batu Clapar
Ilalangnya bikin iri
View sisi utara dari batu Clapar

Ichut gak jadi naik, gak yakin katanya

Mengingat waktu yang semakin sore maka kamipun segera melanjutkan perjalan kami dan tak jauh dari dari Batu tersebut terdapat sebuah sumber mata air Clapar. Waktu itu gak mampir soalnya pas tanjakan, dan adikku cuma bilang kalau itu ada sendang mata air.hehehe...tapi pemandangan Clapar gak berhenti dari situ tadi. Ketika kami berhenti di sebuah sekolah dasar Clapar (1,2,3 atau 4 aku lupa. Maaf ya) kita bisa lihat pemandangan awesome lagi. ya...Embung Kleco terlihat dari sini booo.Tapi kami disini gak lama dan lanjut perjalanan sampai ketemu tikungan jalan yang bisa lihat view Waduk Sermo dari ketinggian,jadi kami bisa melihat Waduk Sermo secara keseluruhan. dan viewnya Subhanallah ...awesome dah...

Hingga akhirnya perjalanan melewati Clapar ini berakhir di sebuah pertigaan yang kalau ke kanan ke Waduk Sermo dan kalau ke kiri ke Kalibiru dan Kalibiru-lah yang menjadi tujuan kami selanjutnya. Jadi buat kalian yang pengen menikmati sensasi yang berbeda ketika berkunjung ke Kalibiru lewatlah Clapar sisi utara.Yups bisa dibilang bahwa Clapar adalah tempat menikmati heningnya alam Kulon Progo.

view menuju Kalibiru dari Clapar
*Berikut Rute yang pasti akan ditanyakan, tapi sebelumnya Clapar termasuk diwilayah Hargowilis, Kokap, Kulon Progo

Jika dari Jogja
-  Ambil arah ke Gamping lurus terus - Sampai pertigaan lampu lalin Sentolo (Terminal Ngeplang) masih lurus - hingga menemukan pertigaan yang sebelah kiri jalan ada Indomaret - maka beloklah ke kanan menuju Pasar Lama Sentolo/Stastiun Sentolo (arah Pengasih) - ikutin ajah jalan tersebut sampai sebuah pertigaan sebelum jembatan belok kanan menuju Clereng (bisa juga seh lurus ntar apa perempatan belok kanan arah Clereng) - lurus terus menuju pemandian Clereng - Pasar Clereng - habis jembatan Clereng Belok Kiri- nah ikutin ajah jalan tersebut yang menuju Kalibiru. Kalau ada pertigaan yang lurus ke Kalibiru maka ambillah yang belok kanan...itu ajah jalan tersebut. Untuk spot-spot yang kami nikmati tadi rata-rata ada dipinggir jalan kok.
Mari dolan ke Kulon Progo dan tetaplah buang sampah ditempatnya ^^V

Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Punya tekad buat explore plus santai manja di ujungnya baratnya Indonesia, alamnya Indonesia Timur, lihat oppa-oppa langsung di negaranya, menginjakan kaki di daratan negara Penjajah Indonesia dan bakalan kolaborasi sama idola Aamiin ^^v.