Air Terjun Sigembor, Bunga di Tepi Jalan Sermo-Girimulyo Kulon Progo


Curug Sigembor Girimulyo Kulon Progo
Setelah selesai acara jelajah bersama WSKP, ACKP feat FBKP, plus mampir kebun bunga di Desa Gerbosari jiwa dolan kami (aku, Juwan, Pondong, Nitnit, nambah Fitri) masih belum terpuaskan. Maka kamipun melabuhkan tujuan kami berikutnya ke Air Terjun Sigembor. Berhubung kami dari Samigaluh maka kamipun melanjutkan perjalannya dengan rute Samigaluh -Kaligesing, Purworejo, Jateng - Girimulyo. Karena rute ini lebih dekat di banding kami harus turun gunung lagi lewat pasar sribit. Jadi Dari Pasar Plono tadi kalau kanan ke Nglinggo makan kami ambil belok kiri ngikutin jalan kabupaten. Lurus terus ntar sampai jalan cabang ambil yang nanjak. Ikutin ajah jalan tersebut dan ketika ketemu peerempatan belok Kiri. Lurus terus pokoknya ikuti ajah petunjuk dari DLLAJ ataupun yang dibuat warga nanti tebusnya adalah pas gua Kiskendo dan ambil kanan sampai perempatan ambil kiri arah ke Sermo dan ikutin jalan itu ajah ntar di ada papan petunjuk Air Terjun Sigembor di kanan jalan.



Mampir narsis dulu di Hutan Pinus Kaligesing
Coretan miss Risna untuk Rute Curug Sigembor

Inget papan petunjuk ini

Jalan Menuju Curug Sigembor
Nyeker men plus kaki miss Risna Belang boooo -.-"

Perjuangan menuju Curug Sigembor

Saling tolong menolong

Curug Sigembor
Awalnya pada kecewa karena yang kami lihat hanya air yang ketinggian kecil dengan debit air yang lumayan kecil juga. Tapi ketika kami mencoba menaiki jalan setapak yang telah dibuat. Kami pun langsung bersorak-sorai Aaaaaaa.... ini keren!!!. Yuppz... terkadang kita ga tau ada tempat yang indah kalau kita gak mau mencoba masuk lebih dalam ke tempat yang awalnya kita kira kurang menarik. Nah sayangnya waktu kami sampai disini udah lumayan sore banget. Jadi bener yang diomongi mas Angki di blognya, kunjungan terbaik buat ke Air Terjun Sigembor ini adalah pagi hari. Selain lebih puas mas Angki kemarin dapat melihat pelangi.


Debit air Curug Sigembor
Lumutnya itu loh bikin tambah cantik
Jalur yang ditempuh Juwan n Pondong
Juwan dan Curug Sigembor

Sayang aku gak bisa sampai ke tempat Pondong Narsis
Tapi, walaupun udah sore tak mengentikan langkah kami untuk mendekati Air Terjun Sigembor ini. Medan untuk keatas cukup sulit. Aku ajah sampai nyeker.Jadi kalau mau kesini pikirkan juga alas kaki yang kalian pakai. Nah karena kesulitanku untuk lebih dekat dengan air terjun dan lihat medannya menuju air terjun aku berpikir kayanya asyik juga kalau mendekati air terjunnya dengan cara rapling.hehehehe...Berhubung yang cewek-cewek lumayan kesulitan makan kami memakai jalur yang ada di pinggir aliran sungainya dibawah air terjun dan kami hanya sampai ke sisi selatan air tejun.
Miss Risna at Curug Sigembor
With Nitnit
Terpesona akan Curug Sigembor
Perjuangan kami ketika mau pulang
Setelah puas narsis (walaupun banyak hasil photo yang shake-shake, mungkin kita lelah) plus hari makin gelap kamipun segera menyudahi dolan kami hari ini dan meninggalkan Air Terjun Sigembor yang berada di Dusun Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Kamipun pulang lewat jalur menunju Sermo hanya saja kami memilih jalan pintas lewat Clereng yang nanti akan bertemu dengan jalur ke arah Embung Kleco Ngesong. Besok kesini laginya pas pagi-siang dah biar puas ^^v
Thanks Gaes
Pesenku, karena di Air Terjun Sigembor ini belum ada tempat sampah jadi jika kalian datang berkunjung bawa bekal,snack dll MissRisna mohon sampahnya dikumpulkan lagi dan kalian bawa lagi sampai ketemu tempat sampah ya. Biar Sigembor tetap bersih dan alami ^^v

Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Punya tekad buat explore plus santai manja di ujungnya baratnya Indonesia, alamnya Indonesia Timur, lihat oppa-oppa langsung di negaranya, menginjakan kaki di daratan negara Penjajah Indonesia dan bakalan kolaborasi sama idola Aamiin ^^v.

4 komentar:

  1. wah keren" mbak Risna skrng udah ada papannya Sigembor ya hehe mantap dah ^-^ Semoga sellau terjaga tuh Sigembor mantap....pagi hari emng mataharinya aps datang dari timur mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.mari kita jaga mas.Iya emang bener mending pagi.Sorean lumayan heehehehe... kemarin untung lumayan rombongan

      Hapus
  2. Kayaknya penuh tantangan dan perjuangan buat kesana ya gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya kak, tapi sekarang air terjun ini lumayan rawan karena sempat terjdi longsor beberapa bulan yang lalu

      Hapus