Embung "Kleco" Ngesong - Waduk Mini di Kaki Pengunungan Menoreh

Embung Kleco Ngesong dari sisi barat
Berawal dari sebuah postingan di salah satu grup di media sosial akhirnya postingan tersebut membuatku menginjakan kaki di kaki bukit menoreh ini untuk sekian kalinya.  Kali ini nyoba nanya Pondong tahu gak arah-arahnya kan ada tuh temen dia daerah situ. Dan akhirnya hari JUmat, 30 Mei 2014 jadi hari kesepakatan kami buat pergi ke Embung tersebut. Di hari yang telah dijanjikan akhirnya cuma diriku sendiri yang paling ganteng di antara para laki-laki (Gondet, Juan, Imam dan Pondong), soalnya Arumy kuliahnya sampai sore.


Akhirnya kamipun berangkat mencari Embung yang berada di dusun Ngesong, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo. Patokan yang diberikan sama Dwi(yang posting di medsos) adalah Pasar Sribit kiri. Tapi untuk kalian akan aku kasih Rute yang jelas :
Arah ke dusun Ngesong
ambil yang jalan cor semen
Jalan menuju Embung

(Dari Jogja) Perempatan Ring Road Demak Ijo ambil arah Godean - lurus ajah - Perempatan Kenteng Nanggulan ambil kiri - Pertigaan Janti (Puskesmas) ambil kanan (arah Girimulyo) -   Pasar Sribit (ada di kiri jalan) ambil kiri (arah ke Polsek Girimulyo) - ikuti jalan aspal - Sampai Poskesdes Girimulyo ambil yang tengah (siapin gaspol dari bawah coz nanjak terus dan lumayan tinggi) - ikuti aspal - sebelum tanjakan yang menikung ada tugu dan batu yang kiri jalan ada jalan COR SEMEN - nah ikutin jalan cor semen tersebut kalau menemukan percabangan ambil yang arah nanjak.

Coretan rute ke embung
(Dari Wates) lewat ajah arah WRC (dulu PPSJ) ntar ada pertigaan yang ada pohon Beringin ambil kiri ke arah SMA Girimulyo selanjutnya kayak yang diatas.

*UPDATE rute dari WATES/PENGASIH
Kemarin (10 Sept' 14)habis jemput Ichut les nyoba jalan Clereng, nah jalanya mulus binggit soalnya aspal baru). Nah dari Pasar Clereng lurus terus gak usah belok-belok. Ntar kalau udah sampai jalan yang kanan kiri ada phon cemara sebelum SD Karang Sari pas di lapangan bola lihatlah ke kanan/utara. Udah terlihat Embung Kleco-nya. Tapi kalian masih terus ntar ketemu jembatan baru (mereka bilang Sawahaking *semoga bener nulisnya*) ambil kanan melewati jembatan tersebut. Nah ntar ikuti jalan tersebut lurus terus sampai ketemu jembatan nanti ada papan petunjuk menuju Embung Kleco, nah tinggal ikuti jalan tersebut saja. Rute ini gak begitu menanjak kok. plus pemandangannya juga super kece. 
gak asyik kalo gak ada cerita kesasar/keblabasan

Sebelumnya tentu gak asyik dong nyari tempat wisata baru tuh gak kesasar. Ya kami akhrinya sampai didaerah Jatimulyo (katanya seh kalau ke atas lagi ada Grojogan Sewu) Intine kalau kalian sampai atau bertemu SDN Ngesong berarti kalian terlalu jauh (keblabasan) segera lah putar balik.Plus tragedi vespa mogok kehabisan bensin sama hampir gak kuat ditanjakan (tapi KEREN vespane Pondong sampai Puncak mbooow)
Tragedi mogok di seperempat tanjakan
with si Ijo-nya Pondong... keren bisa naik bukit vespanya
Ketika kami berkunjung memang embung ini masih proses pembangunan. Jadi motor kami masih bisa sampai ke embung. Soalnya sama warga juga disuruh dibawa keatas ajah. Nah Ternyata waktu kami berkunjung sekitar pukul 3 sore embung ini ramai oleh warga sekitar yang sedang bermain layang-layang, sekedar kumpul sama temen, bermain ma anak-anak sambil, beberapa ada yang mengabdikan embung ini dan sepertinya sore itu juga ada beberapa petugas/ perangkat desa yang meninjau embung ini.

Thank you so much brooo !!!
Menikmati Embung Kleco Ngesong dari bukit
Nah penamaan Kleco itu sendiri berasal dari warga sekitar. Jadi Kleco itu nama alas/kebon (dalam bahasa jawa) yang luasnya kurang lebih 20 hektar. Embung awalnya memang mengandalkan air hujan, tapi pada akhirnya embung ini juga menampung air, aliran air dari waktu kami kesasar tadi. Kata temenku yang tinggal emang tak jauh dari embung ini. Dia juga bilang kalau embung ini tidak hanya untuk perairan saja tapi juga akan dikembangkan menjadi wisata seperti lahan disekitarnya akan ditanami beberapa jenis buah-buahan.
Sisi utara Embung Kleco Ngesong dari bagian barat daya
Pengunungan seribu di sisi timur -tenggara embung kleco
Pengunungan Menoreh di sebalah barat embung
Pemandangan di selatan - barat daya

Emang seh aku melihatnya potensi embung untuk dijadikan tujuan wisata alam sangat berpotensi banget. Karena dari embung ini kita bisa melihat Merapi ataupun merbabu, Pantai Selatan (dengan catatan cuaca sangat cerah ya), pengunungan Seribu, pemandangan 2 kabupaten (Bantul dan Kulon Progo), panorama alam tentunya, dan cocok banget untuk menikmati sunrise. Kalau sunset sayangnya tertutup pengunungan menoreh. Ya aku harap pemerintah, warga dan pemuda bisa bersatu bahu membahu agar tidak hanya sebagai pengairan saja tapi dikembangkan menjadi daerah wisata yang setidaknya bisa menambah pendapatan warga sekitar. PASTI BISA !!!
Merapi from Embung Kleco
hehehe...ntah apa yang mereka lihat

Setelah kami menikmati keindahan embung Kleco ini akhirnya kami pulang dan mampir sebentar ke rumah teman kami. Pesan aku masih sama :Please yang bawa sampah dari rumah sampahnya dibawa laginya(kemarin belum ada tempat sampah karena masih proses pembangunan), jangan tinggalan tulisan aneh dengan tipex, tinta, pilox atau bahasa kerennya vandalisme. Coz kalau bukan kita yang menjaga mau siapa lagi ^_^V

Jangan sampai kehabisan bensin ya
Tambahan : cek kendaraan ada sebelum ke sini, dari REM, mesin, bensin, ban dll.
See you soon ???
next trip miss Risna?


Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Suka sama mie ayam, kuwaci lovers dan lagi butuh patner piknik yang suka motoin, bukan yang minta dipotoin ^^v.

16 komentar:

  1. wow keren..kapan2 coba ke sana nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan berkunjung .. untuk sementara ini emang lagi proses finishing

      Hapus
  2. Biyen,,nek muleh sekolah golek jambu mete,,,saiki
    Dadi embung,,,lebarsn sisuk ngambung,,,, 15 taun wes ra ngidak kleco.

    BalasHapus
  3. wah keren mbak Risna nice nih mantap...siap deh next Trip ke sini nie InsyaAllah oo di girimulyo to wah deket ini mah siap dah ^-^

    BalasHapus
  4. Sippp mbak blognya bisa jadi referensi.. komplit.. plit.. plit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak ^^v. met dolan ya ^_^

      Hapus
  5. wah kok mbak.. saya laki tulen :-D
    *ijin copast beberapa teks dari blognya ya mbak
    (sumber saya sebutkan dari blognya mbak)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaaaaaah ... mafkan daku mas nya T_T, selain miss typo ... membedakan laki dan perempuan dalam foto terkadang sangat menyusahkan.heheheh *peace*. Monggo mas nya....makasih atas kunjungannya

      Hapus
  6. masyaa Alloh, indah e.. nduwur omahku kui.. dulu cok ngarit dan nggolek jambu nang kono

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah .... mari kita jaga dan promosikan mas ^^v. Itung-itung buat bantu membuka lapangan kerja warga sekitar kalau rame untuk wisata ^_^

      Hapus
  7. makasih mbak risna , blog njenenngan sipp tenan.. saya abis kesana kemarin sore sampai malam.. t4 e joss gandosss , info ne t4 arah2 e berguna banget..

    makasih mbak risnaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas ... jangan lupa balik lagi ajak teman-temen dan mampir ke obyek wisata lainnya. banyak air terjun cantik loh. thsnka juga udah mampir dan meninggalkan jejak. ...

      Hapus
  8. Waduh bagus sekali pemandangannya, ketinggian berapa meter DPL itu ? Kaya banget KP dengan keindahan alam tersembunyi !! Thanks for sharing these beauuutiful pictures.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau mdpl-nya saya kurang tahu, ini kemarin asal cus ajah.bsk lagi-lagi tak coba cari info mdplnya ^^v
      thanks dan berkunjung

      Hapus
  9. Kalo dari kebun teh nglinggo trs mau ke kalibiru jalannya lwt mana ya..? Thx..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kakak, dari pasar plono lurus ajah terus menuju purworejo. Nanti ada pertigaan ambil jalan nanjak ke arah gereja, ikutin ajah jalan aspal dan ikutin petunjuk ke arah goa kiskendo. Nanti jika sampai hutan pinus ambil arah sermo. Tinggal pilih mau lewat via clereng atau lewat gunung gajah. ^^v

      Hapus