School 2013, Tontonan Recommended buat (Calon) Guru or Dosen


Photo By Drama Wiki
Ok kali ini aku merekomendasikan lagi sebuah film dari negeri gingseng a.k.a Korea Selatan yang jauh dari kata romance atau totuwit ya ^_^v. Yups...kali ini adalah sebuah drama Korea dengan 16 episode yang di tayangkan di stasiun tv KBS2 yang berjudul asli Hakgyo 2013 atau lebih sering terdengar dengan School 2013. Drama serial ini sebenernya punya pendahulu atau sesepuh dari tahun 1999. Jadi seperti Cinta fitri berseason, hanya saja sangat beda jauh dengan konsep Cinta Fitri sinetron Indonesia. Drama seri School ini tiap seasonnya ganti cast dan cerita yang diangkat berbeda.Nah untuk School 2013 ini berikut sebagian cast-nya :

SMA Seungri

#Murid

  • Lee Jung Suk     : Go Nam Soon
  • Kim Woo Bin      : Parak Heung So
  • Hyo Young        : Lee Kang Joo
  • Park Se Young    : Song Ha Kyung
  • Choi Chang Yeob  : Kim Min Ki
  • Kwa Jung Wook    : Oh Jung Ho

#Teacher

  • Jang Na Ra     : Jung In Jae
  • Choi Daniel    : Kang Se Chan
Cast lainnya ada di dramaWiki

Ok...mari kenapa aku merekomendasikan drama series 16 episode ini? Ya...akan aku bagi menjadi 2 bagian tanpa aku harus menceritakan tiap detail episode yang sedikit banyak, bakal banyak hal yang dapat kita ambil baiknya atau pesan dari drama ini.

[ONE] SINOPSIS

*Lebih baik aku memberikan secara menyeluruh tentang apa itu School 2013*
Suasana kelas 2-2 (Screencapture from KBS2)
School 2013 ini berkisah tentang kehidupan SMA Seungri yang merupakan sekolah menengah atas yang bisa dibilang bukan unggulan. Konflik antara murid dengan murid, murid dengan guru, guru dengan guru,bahkan guru dengan orang tua murid akan di sajikan di drama ini. Ya sebuah kehidupan anak Sekolah dimana meraka di sekolah tak hanya mendapatkan  ilmu pengetahuan tapi lebih banyak ke persaingaan, persahabatan, perkelahian, genk sekolah, brandal sekolahan, bully, komunikasi bahkan permasalahan sosial dan keluarga bisa hadir di sekolah. Nah, di School 2013, perjuangan seorang guru bernama Jung In Jae yang menjadi wali kelas 2-2 yang terkenal paling susah diatur dan paling dihindari para guru untuk jadi wali kelasnya tapi Guru Jung menerima tugasnya sebagai wali kelas yang pantang menyerah hingga hadirnya guru Kang yang jadi wali kelas 2-2 karena hasil dari desakan orang tua murid. Kelas 2-2 ini ada memiliki karakter murid-murid yang berbeda-beda dengan permasalahan yang komplek. Dari Go Nam Song yang sekolah mau gak mau, Park Heung Jo murid pindahkan yang mempunyai masa lalu misterius, Oh Jung Ho yang merupakan pimpinan genk brandal sekolahan yang sulit diatur guru, Song Ha Kyung yang selalu ingin jadi nomor satu, Kim Min Ki yang semua jadwalnya telah diatur ibu dan masih banyak lagi. Bagimanakah guru Jung dan guru Kang menghadapi kelas ini? Apakah mereka bisa membimbing murid-murid kelas 2-2 ini lulus ujian?
Ekrepresi ketika Guru Jung kembali mengajar (Screencapture from KBS2)
*Maaf aku membuat pertanyaan ini. Soalnya lebih baik nonton daripada aku bercerita*

[TW0] HAL YANG BIKIN AKU ...

*Part atau hal yang aku suka di School 2013,terlepas ini acting tapi ceritanya TOP
  • Aku suka dengan kegigihan Guru Jung In dan sebuah komitmen atau resiko dia ketika menjadi Guru. Ya.. aku melihat di dalam guru Jung In ini bahwa guru itu adalah dirinya, bahwa guru itu adalah bagian darinya. Jadi dia saat ingin menjadi guru yang gak cuma ngajar di kelas atau jadi wali kelas yang hanya oh ... rekap nilai, ada siswa yang gak masuk sehari ajah tanpa alasan gak cari info kemana ini bocah, ataupun anak yang nakal terus di judge brandal dan sebagaimana. Di Guru Jung In inilah aku melihat bagaimana mana seharusnya menghadapi murid yang super duper sulit diatur seperti Oh Jung Ho dan The Genk. (Selalu ada alasan dibalik kenapa anak itu jadi brandal sekolah, melawan)

Oh Jung Ho (Screencapture from KBS2)
  • Guru Kang yang mempunyai cara sendiri bagaimana mana dia bisa mempersatukan dua orang sahabat yang selama ini bertengkar, bagaimana mempersatukan karakter murid-muridnya yang berbeda, cara menghukum murid ataupun cara dia membenarkan yang salah tanpa harus dengan kekerasan.
Guru Kang vs Jung Ho (Screencapture from KBS2)

  • Hukuman fisik : di School 2013 ini sebenernya banyak hukum fisik atau main fisik tapi paling suka atau paling jleb di hati adalah di episode 5 dimana guru Jung mengetahui bahwa murid kelasnya mencuri jawaban UAN, dan terlihat bahwa disitu guru Jung sangat kecewa dengan dirinya sendiri bahwa dia merasa gagal menjadi guru. Bukan marah kepada muridnya (kenapa aku bilang begitu karena  ekpresi yang ditampilkan Guru Jung pernah aku lihat di wajah seseorang yang sering akau panggil PAK GURU. tentu kasusnya beda). Di scene inilah Guru Jung menghukum meraka dengan memukul tangan semua murid.

Hukuman di School 2013
Hukuman (Screencapture from KBS2)
Ketika menghukum fisik (Screencapture from KBS2)
Guru Jung ketika kecewa (Screencapture from KBS2)
*Ehm.. jujur ajah sebenarnya hukum fisik ataupun bentakan dengan nada tinggi sesungguhnya kadang diperlukan untuk anak-anak sekolah. Bukan berarti kekerasan guru terhadap murid. Asalkan pada porsi yang pas menurutku itu bagus karena kan membentuk sebuah karakter atau pribadi anak yang positif. Setidaknya ada sebuah efek jera atau perubahan yang lebih baik DENGAN CATATAN HUKUMAN FISIK DENGAN PORSI YANG PAS.Tapi entah kenapa sekarang ini hukum fisik seperti menjadi sebuah kriminal dan ajang balas dendam T_T.
  • Seorang guru harus mempunyai nomor hp muridnya. Guru Jung  disini dia mempunyai nomor hp semua muridnya. Istilah kadang murid membutuhkan guru menjadi temannya.

Neh .... Jiwa Gurunya TOP (Screencapture from KBS2)
Sebenernya bakal banyak banget yang bisa aku atau kalian ambil dari drama ini. Apalagi kalian yang menjadi guru ataupun calon guru. Hanya saja biarkan kalian penasaran.Dilihat dari semuanya, cerita dalam drama ini hampir sama persis dengan dengan apa yang pernah atau yang kita alami di masa sekolah atau di lingkungan sekolah hingga kehidupan sekarang juga.

Aku bilang begitu karena, aku pernah mengalaminya. Kita atau menjadi murid ataupun ketika aku menjadi Guru Jung (walaupun aku bukan guru, setidaknya aku pernah merasakan ketika aku melatih adik angkatan dalam sebuah kegitan rutin).Ya... aku bertemu Go Nam Soon, Park Heung Jo, Oh Jung Ho the genk dalam kehidupan nyata. Meraka seusungguhnya mempunyai kemampuan yang luar biasa hanya saja meraka membutuhkan seorang teman berbicara ataupun merangkulnya dalam meraih cita-cita yang tertutup oleh kerasnya kehidupan yang harus dijalani.I Miss YOu, adik-adikku. Maafkan aku pernah menghukum kalian jalan jongkok,hahaha...aku yakin sekarang diantara kalian pasti udah ada yang jadi orang hebat ^_^v

Endingnya ....

Thanks You So Much untuk Bapak dan Ibu Guruku dari TK-SD-SMP-SMA ^_^v

Spesial to Bu Ceacelia Yulieni yang di surga sana,
"Entah kenapa tetiba saja aku rindu bu, terima kasih udah menjadikan mata pelajaran sejarah itu menyenangkan. terima kasih telah membantuku bahwa dengan kekuranganku asalkan aku yakin dan berusaha aku bisa."Pembebasan Irian Barat dan Konfersi Meja Bundar" tak kan pernah aku lupakan Bu, karena ibu mempercayaiku. Terima masih atas sindiran khas ibu yang sesungguhnya Ibu perhatian dengan personal murid-murid ibu(hahaha...itu yang bikin kangen bu) Terima kasih BU..lOVE YOU"

P.S. semua Guru bagi aku spesial dan ada tempat tersendiri, cuma post ini udah panjang banget !!!
*nambah lg ah
 ^^v To Mr. Slam : sampai saat ini aku penasaran kenapa aku bisa jadi komandan pleton? (Jawab Pak). Spekulasi aku adalah ketika aku di barisan mungkin aku akan meMperjelek barisan itu(hahahaha...yakin pasti senyum-senyum neh Pak ^_^)
mau nambah buat Guru SMA tapiiii..... ^_^v Thanks you so much PAK GURU BU GURU  KAKAK GURU, BAPAK/IBU/MAS/MBAK DOSEN :* :* :*

Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Punya tekad buat explore plus santai manja di ujungnya baratnya Indonesia, alamnya Indonesia Timur, lihat oppa-oppa langsung di negaranya, menginjakan kaki di daratan negara Penjajah Indonesia dan bakalan kolaborasi sama idola Aamiin ^^v.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar