Menikmati Surganya Pemancing di Pengunungan Menoreh

aaaah...akhirnya jari-jari aku mulai gatal lagi buat menyentuh keybroad buat bikin kalimat-kalimat promosi wisata Kulon Progo lagi. Hahahaha..lebay dikit ya gak papa dong. Kali ini biarkan aku sharing tentang sebuah tempat wisata yang sangat terkenal di Kulon Progo.Kata temen ini adalah surganya para pemancing. Apalagi kalau bukan Waduk Sermo.

Sunset Di waduk Sermo


Icon yang sering ada di foto tentang Waduk Sermo
Hutan sekitar Waduk Sermo - Foto waktu hunting Geblek (Komunitas Fotografi Kulon Progo)

Jalanan sekitar waduk udah aspal dengan rindangnya pepohonan



kapal wisata yang tersedia

Tanggul atau pondasi waduk - Model : teman aku
Yuppy..selain pantai Glagah, Waduk Sermo adalah tujuan wisata yang terkenal di Kulon Progo. Tak jauh dari pusat kota Wates kurang lebih 20 menit kita bisa menikmati indahnya Waduk Sermo ini yang dahulu kala diresmikan oleh Bapak Soeharto (Piye kabare le? Waduk sermo ijih apik tow?). Rute formalnya seh, kalau dari Alun-alun wates ambil arah menuju RSUD Wates ikuti ajah jalan aspal yang gede lurus terus habis itu ntar ada perempatan. Kalau ke kanan mau ke wisma sermo, bumi perkemahan dan arah menuju Kalibiru. Ke kiri ntar ke arah Kokap atau bisa juga ke Glagah dengan jalan yang naik turun gunung.Selain itu biasanya arah kiri ini kan ada hutan, nah biasanya dijadikan tempat foto prewed gitu tau sedekar photo biasa. Nah kalau lurus baru lah sampai ke Waduk sermo. Untuk retribusinya relatif murah dengan membayar Rp 2000 - Rp 3000 untuk satu oarang dan satu motor kita bisa menikmati waduk sermo.
Acara Art Festival Sermo
Festival Sermo Art Festival

Fasiltas yang disediakan oleh pemerintah dan masyarakat seh udah lumayan bagus. Dari Masjid/Mushola, kamar mandi/wc, warung makan, saung bahkan perahu wisata untuk keliling waduk sermo.Disetiap bulan pemerintah ataupun pengelolah juga menyediakan beberapa petunjukan atau acara untuk memeriahkan atau ajang promosi wisata Kulon Progo. Waktu itu pernah ada pertunjukan jathilan, angguk, festival budaya, sepeda-sepeda gitu lah. Soalnya kita juga bisa keliling waduk sermo ini yang luasnya sekitar 2000 berapa gitu (hitungan kilometer sepertinya.hahaha)
Waduk Sermo
Sunset Sermo
Hanya saja waduk sermo ini emang lebih terkenal dengan surganya para pemancing. Hampir di sudut-sudut tertentu di waduk sermo ini banyak dijumpai para pemancing mania.Ntah di pertemuan sungai-sungai yang mengisi waduk ini atau terkadang menggunakan kapal atau rakit. Bahkan terkadang kalau surut ada sebuah pulau yang sebenarnya gundukan tanah. Tapi kalau untuk keluarga yang bawa anak kecil bisa naik perahu wisata dengan tiket sekitar 3000 - 5000 rupiah tergantung mautan kapalnya juga seh.

 
Sudut Sermo dari Kalibiru
Sudut Sermo Dari Kalibiru


Selain waduk sermo kita juga bisa menuju wisata Kalibiru yang jaraknya tidak jauh dari waduk sermo. Kalibiru inilebih ke perkampungan wisata. Soalnya ada beberapa saung untuk sebuah penginapan dengan nuasa perdesaan. Di kalibiru ini bisa juga di gunakan untuk kegiatan makrab. Soalnya ada juga sesi outboundnya. Dari Kalibiru ini kita bisa lihat waduk sermo dari atas, laut selatan dan kota Wates.Jujur ajah aku ke Kalibiru ini baru 3 kali dengan rute yang satunya lewat Clereng. hampir semuanya jalan menuju kesana sudah aspal hanya saja ada tanjakan yang curam. Sehingga buat aku seorang cewek bagaimanapun juga butuh kondisi motor yang fit atau kalau gak bonceng ajah dah.hehehehe.(-Na')

Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Punya tekad buat explore plus santai manja di ujungnya baratnya Indonesia, alamnya Indonesia Timur, lihat oppa-oppa langsung di negaranya, menginjakan kaki di daratan negara Penjajah Indonesia dan bakalan kolaborasi sama idola Aamiin ^^v.

4 komentar:

  1. ahhh Waduk sermo pesonamu wadukk duk wadukk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaaah .... waduk ini kece binggit kan mas ???

      Hapus
  2. next tirp kayake cocok explore waduk sermo dkk

    BalasHapus