Pantai Trisik dan Pantai Bugel, Surganya Para Pencari Ikan Segar


Bugel and Hope
Pantai Bugel


Kali ini aku akan bahas pantai yang tersohor lainnya di Kulon Progo yaitu Pantai Trisik dan Pantai Bugel. Kedua pantai ini merupakan tempat sandar kapal nelayan atau lebih dikenal dengan TPI (Tepat Pelelangan Ikan). Nah untuk mencapai pantai ini tidaklah sulit, karena masih satu deratan dengan Parang Kusuma, Glagah dkk dan berada di Jalur Lintas Selatan (JLS). Jadi mudah untuk dijangkau dari daerah Bantul ataupun dari kota Wates.



Kalau Rute yang bisa aku lewati untuk menuju Pantai Trisik adalah Rumah aku (Sentolo) – Jalan Wates – Tugu Pensil (Kenteng) – belok kiri – ikuti jalan aspal lurus – perempatan lurus (jalannya aspal agak rusak) – pertigaan kiri ( Jalan Lintas Selatan) – lurus sampai ada gapura/papan petunjuk Pantai Trisik – belok kanan – ikuti jalan aspal saja – sehabis jembatan nanti ada retribusi (Rp 3000/orang+motor).
Rute 2 : Dari arah Bantul menunju Jembatan Sandrakan atau sejalur dengan arah Pantai Baru – Lewati jembatan Sandrakan – Pertigan lampu merah ambil arah yang kiri – perhatikan papan pentunjuk setelah pasar kecil ada gapura – belok kiri – ikuti jalan aspal.

Nah ketika kalian masuk gapura ini, kiri kanan adalah bentangan sawah yang begitu luas.Aaplagi Pagi hari, aku suka banget ketika suasana ini kalau ke pantai Trisik soalnya gak begitu panas, udara masih fresh, banyak bareng warga sekitar yang bersepeda ke pantai dan yang paling aku suka adalah ketika musim tanam padi. Soalnya kita akan melihat para petani sedang membajak ditemani puluhan burung kuntul. Yupzz...Burung Kuntul disini masih banyak banget dibanding di sawah deket rumah simbah aku.hehehe, jadi ini merupakan sebuah pemandangan yang keren dah.

Pantai Trisik ketika surut
Photo sama sampah atau akar pohon?

Bibir Pantai Trisik

Satu Pohon Full terdampar

Rute ke pantai Bugel kalian bisa melewati dari 3 jalur. Jalur tesebut adalah
  1. Dari Glagah : Perempatan sebelum retribusi Pantai Glagah – ambil arah menuju jembatan – lewati jembatan tersebut dan ikuti jalan aspal tersebut – ada pengkolan ikuti ajah jalan aspal – ada perempatan kecil ambil arah kanan – jalannya emang aspal rusak ikuti ajah kalau nemu perempatan di ladang ambil kiri – lurus pelan-pelan kurang lebih 500m ada belok kanan – retribusi (Rp 3000/Orang);
  2. Dari Patung Nyi Ageng Serang ( Simmpang Lima – Wates) – ambil arah Nagung – perempatan Nagung lurus – perempatan lurus -  kalau nemu perempatan di ladang ambil kiri – lurus pelan-pelan kurang lebih 500m ada belok kanan – retribusi (Rp 3000/Orang);
  3. Dari Pantai Trisik : Ikutin ajah jalan aspal yang menuju arah barat. Bukan yang balik lagi ke TPR. Nah ikutin ajah ntar ada disebelah kiri jalan. Lumayan jauh seh tapi pemandangan yang disajian lumayan berbeda dengan jalan Glagah–Congot, karena disini kalian bisa menikmati hamparan taman sayur/buah, pohon cemara laut dan komplek rumah petani/transmigran gitu.
Rute ketiga inilah yang jadi favorit aku, soalnya sepi bisa narsis, terus kalau musim tanam/panen bisa lihat merahnya cabai, bulatnya semangka dengan background laut.hehehe

Narsis boleh dong

Ahhh jalanan ini enak buat narsis

Jangan perhatian gundukan di belakang aku

Kalau untuk pesisir pantainya sih landai, pasir hitam cuma sayangnya banyak sampah berserakan entah itu dari pengunjung atau sampah yang terbawa dari laut. Karena pantai di Kulon Progo ini merupakan muaranya sungai-sungai jadi gak heran kalau banyak sampah, bahan pohon utuh bisa mendarat di bibir pantai.


Hamparan Rumput
Rumput Pantai
Rumput Pantai katanya

Kepulanganmu
Pulang Melaut
Pulang melaut
Pelelangan Ikan
Lelang Ikan

Cuma sedikit saran, alangkah baiknya mulai merevolusi atau menata ulang kembali pantai wisata ini. Dari  penertiban retribusi & parkir, keindahan pantai seperti pintu selamat datang, tempat sampah, sarana publik(wc,kamar mandi,tempat ibadah,dkk), warung, hotel, wisma, ya SAPTA PESONA WISATA dah. Apalagi Trisik dan Bugel bila di tata kembali pasar ikan dan warung-warung makan yang dikelola warga lebih maksimal didukung pemerintah dengan promosi, hal ini bisa seperti tetangga sebelah (Pantai Depok) sebagai tujuan Alternatif atau malah sebagai tujuan utama menikmati sensasi makan seafood fresh from the open di Kulon Progo.
Sekian beberapa info wisata pantai di Kulon Progo. Hal yang slalu diingat adalah JANGAN PERNAH MENINGALKAN SAMPAHmu dalam bentuk ampapun dimanapun kamu berkunjung.(Contoh : Bungkus Mie, Botol Minuman dan bahkan sampah “ 17 Agustus 1878 JOJO LUPH 53T3Ng4h m4t1 m4 TITI “ GAK BEEEUUD DAH).

Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Suka sama mie ayam, kuwaci lovers dan lagi butuh patner piknik yang suka motoin, bukan yang minta dipotoin ^^v.

1 komentar: