Personal Branding dengan Media Sosial, Why not?


Personal Branding dengan Sosial Media. Pict by Freepik

Hari ke lima untuk #BPN30daychallenge. Sempat tumbang karena flu berat yang bikin males ngadep laptop sama nie kepala cumpleng banget. Cuma karena inget tekad dari awal yaitu challenge diri sendiri agar bisa konsisten ngeblog atau setidaknya mulai mencoba rutinitas yang positif. Akhirnya kali ini mencoba untuk nulis atau mungkin lebih tepatnya gambleh tentang tema hari Lima yaitu "Tentang Media Sosial".

Apasih itu Media Sosial?

Media sosial adalah sebuah media daring dengan para penggunanya isa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan meciptakan isi meliputi blog, jejrang sosial, wiki, forum dan dunia virtual.(id.wikipedia.org, 2018)
Nah, penjelasan dari wikipedia ini tentunya telah memberikan gambaran apa itu media sosial dong? Kembali lagi ke awal, bahwa Miss Risna kenal dengan internet dan tertarik dengan dunia maya ini karena sosial medianya. Dulu pasti inget dong anak 90-an yang main friendster, multiply, chat dan kawan-kawannya. Miss Risna dulu akhirnya rajin banget ke warnet entah itu awalnya cari-cari apa di google, chat hingga maen friendster yang ngedit tampilan page tentang biodata gitu. Itu hal yang sangat mengasyikkan waktu itu. Nyoba-nyoba coding html dan browsing sana sini buat gimana tampilan tampilan friendster kita menarik.

Hingga akhirnya menemukan media sosial lainnya. Macam blog, facebook, plurk dan sejenisnya. Awalnya jujur neh, miss Risna juga melewati masa alay yang mana, dikit-dikit update status atau upload foto foto dengan editan yang khas di jaman itu untuk mendapatkan like atau komen yang banyak. Cuma jdi inget pas jaman kuliah, teringat banget sama kalau sosial media itu bisa menjadikan kamu baik atau buruk.

Kenapa bisa bikin kita baik atau buruk?

Ini semua tergantung kita, karena pastinya di sosial media kita ini bisa dipengaruhi dan mempengaruhi. Dosen aku bilang, kalau kamu mau menjadi orang sukses makanya add friend lah para pengusaha, orang-orang penting yag bikin kamu termotivasi dan tentunya akan berpikir dan bersikap positif. Hal ini emang bener banget dan aku rasakan saat ini, terutama saat buka instagram maupun facebook. Sumpah ya kalau buka instagram di bagian explore postku tuh isinya perlambean dan akun-akun receh. Makanya kadang aku suka milih-milih ketika follow maupun follow back karena hal ini bakal mempengaruhi hal-hal yang kita lihat terutama di explore post. Bukan maksudnya gak suka sama yang follow kita tapi kitalah yang unya andil sama asupan yang masuk dalam kehidupan kita. Begitu juga dengan facebook. Facebook kini juga telah mengalamii pergeseran ... ehm lebih tepatnya sih perluasan manfaat (apa yang kata pas?). Jadi gini facebook sudah menjadi sebuah laman yang berisi dagangan, berita hingga buzzer. Disini juga aku mulai neh memilih atau men-filter hal-hal yang bakal tampil di sosial mediaku. 

Itulah kenapa, aku biang sosmed bisa bikin kita baik atau buruk, karena mau gak mau sesuatu yang setiap hari kita lihat akan mempengaruhi kita. Jadi kalau kita sering mendapatkan berita atau hal-hal yang buruk yang tentunya pikiran kita kan lebih ke negatif beda dengan jika kita sering dikelilingi hal-hal positif tentunya bisa bikin kita positif. 

Terus ... apa dong hubungan Personal Branding dengan Sosial Media?


Kita harus tahu apa itu personal branding
Personal Branding menurut Miss Risna adalah bagaimana kita 'menjual' kepada pasaran atau simpelnya ada imej kita di publik. 
Hal ini sangat kita butuhkan dalam karier ataupun sosial. Yups... intinya bagaimana orang melihat diri kita. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh beberapa hal yang salah satunya lingkungan. Nah ... karena sekarang ini era digital dan sosial media udah menjadi bagian kehidupan kita, disinilah peranan sosial media untuk personal branding kita. 

Sekarang, gak jarang dalam perekrutan karyawan beberapa akan meminta sosial media kamu. Hal ini sering menjadi bahan pertimbangan perusahan untuk menerima kamu loh. Makanya sosial media ini bisa dibilang adalah cerminan kamu di dunia digital. Jadi, mulailah mencoba untuk menggunakan sosial media menjadi tepat kamu mem-branding diri kamu. 

Contohnya sudah banyak banget kok,kayak selebgram yang dapat tawaran endorse. Gak semata-mata orang yang mau endorse karena follower loh tapi karena si selebgram ini bisa mengolah produk endorsenya menjadi menarik dan pengaruh bagi follower atau yang melihat ketia si selebgram ini yang pakai. Kalian juga tahu dong bara vlogger yang super niat bikin konten yang konsisten, ini juga mendatangkan hal-hal yang terduga buat mereka apalagi kalau bukan job dkk. Hal ini makanya  meningatkan miss Risna, kalau Miss Risna juga dapat kerjaan juga blog Miss Risna ini. Tanpa tes maupun wawancara. Mereka tertarik sama miss Risna karena dari blog dan tulisan Miss Risna. Hal ini tentunya bikin Miss Risna semangat dong mengolah sosial media Miss Risna, karena kita gak bakal tahu rejeki dari Allah itu datangnya dari mana atau lewat apa? 

Makanya, mulai saat ini yuk gunakan sosial media dengan bijak dan kalau bisa mulailah menjadikan Sosial Media tempat portofolio kamu. 

See you D6 !

Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Punya tekad buat explore plus santai manja di ujungnya baratnya Indonesia, alamnya Indonesia Timur, lihat oppa-oppa langsung di negaranya, menginjakan kaki di daratan negara Penjajah Indonesia dan bakalan kolaborasi sama idola Aamiin ^^v.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar