Cantiknya Ribuan Bunga Krisan di Kebun Bunga Gerbosari Samigaluh Kulon Progo



aaaa...aku terhipnotis
Setelah kami selesai berkunjung ke Desa Wisata Nglinggo akhirnya yang aku nanti nantikan datang juga. Yuppy akhirnya kami akan berkunjung ke kebun bungga Krisan yang masih berada di Samigaluh tepatnya di Karang, Gerbosari, Samigaluh Kulon Progo. Nah jalurnya hampir sama kayak ke Curug Sidoharjo. Jadi kalau kalian dari Jogja  ambillah arah menuju Nanggulan nanti sampai perempatan Kenteng Nanggulan belok kanan menuju arah Dekso/Kalibawang.Sampai di perempatan Dekso belok kiri ambil arah Samigaluh. Sebelum tanjakan komplek pemerintahan Samigaluh ada pertigaan ambil kanan. Nah disini udah masuk desa Gerbosari.



Nah ini sudah samapi di desa Gerbosari
Jalan menuju kebun bunga warga Gerbosari
Udah pada kalap sendiri
Pondong pencinta bunga

Nah berhubung kemarin miss Risna berkunjung bareng WSKP, ACKP dan FBKP, miss Risna terima beres alias terserah para koordinator mau ke kebun siapa? Soal di desa Gerbosari ini miss Risna lihat dibeberapa pekarangan warga banyak juga yang menjadikan pekarangannya jadi kebun bunga Krisan dengan dibuat rumah-rumahan gitu. Untuk kali ini kami berkunjung ke ke kebun bunganya Mas Tody (sesuai narasumber miss Risna, mas Bagus. Maklum kemarin aku kalap lihat ribuan bunga. Jadi pengen bobok ala Syahr*ni jadi gak nanya-nanya sama pemilik kebun plus petaninya). Kebun bunga yang kami kunjungi ini sudah siap panen, terlihat kemarin bapak-bapak sedang memetik bunga dan siap packing buat di kirim ke toko bunga yang ada di Jogja sekitar.

Packing bunga untuk dipasarkan || suka sama caption "Banyak Pohon Banyak Rejeki"
Ibunya borong bunga loh, boleh petik sendiri
Mau beli bunganya atau sama tangkainya
Penangkal hama
Untuk bunga yang di kembangkan disini untuk sementara ini masih bunga krisan dengan beberapa varian yang berbeda. Nah hal yang tak kalah menarik adalah ada beberapa botol bedak yang terpasang di pinggir-pinggir blok tanaman bunga dan ternyata fungsinya adalah untuk menangkap serangga atau hama. Nah kalau untuk kalian yang ingin beli bunga di sini bijian pun dilayani tapi semakin banyak kamu belinya nanti ada harga khusus buat kalian.Yang jelas lebih murah daripada kalian beli di toko bunga. Terus dapat info juga dari temen kalau di Gerbosari ini juga di adakan pelatihan lapangan atau kelas setiap hari selasa jam 08.00-11.30 WIB tentang budidaya kebun krisan ini. Hubungi ajah Pak Sukardi, begitu waktu tanya temen yang rumahnya Samigaluh. 

Thanks mas Bagus photonya, akhirnya kadar kecantikanku meningkat
Jenis bunga krisan yang ditanaman di desa Grbosari
Krisan Kuning di perkebunan warga
Si Nitnit juga gak mau ketinggalan

Love Love Peace
Kamipun mulai narsis dengan sendirinya, walaupun ada beberapa dari kami yang sibuk memetik bunga sendiri untuk dibawa pulang (bayar ya, gak gratis.hehehe...). Dan setelah cukup puas kamipun  mengabadikan diri dulu di kebun bunga ini bersama-sama. Terima kasih Mas Tody yang udah bolehin "ngobrak-abrik" kebun bunganya.hehehehe...

Bunga krisannya siap panen

Narsis dulu
Jadi Kalau kalian mau ikut budidaya atau cuma datang lihat-lihat dan beli bunga dengan harga miring, kalian bisa langsung datang ke desa Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo dan tanya-tanyalah warga yang kebun bunganya siap panen atau ke Bapak Sukardi juga bisa (kata narasumber miss Risna ya) atau hubungi Mas Bagus Loka  lewat Facebook biar gak kesusahan cari kebun bunga mana siap panen.
Selfie dulu ...
*UPDATE
Untuk kalian yang ingin ke kebun bunga sebaiknya datanglah pada bulan Desember 2014 besok. Di bulan itu pas musim panen dan bunga lagi mekar-mekarnya. Soanya kemerin 20 Spetember 2014 pas nganter Rika yang ngebet banget pengen photo di kebun bunga dan borong bunga pas kesana sudah beberapa jenis bunga habis di panen dan kebunnya terlihat sudah lumayan sepi bunganya (hehehe...). Cuma kunjungan kedua ini lumayan kualiti timenya sama petani or pemilik kebun. Jadi setelah puas berfoto-foto dan memilih bunga (bagi yang beli... waktu itu Rika borong sampai 20 tangkai dengan harga 20 ribuan) kami menuju rumah didepan balai pertanian Samigaluh yaitu rumah Mas Sidik. Nah disini kita di jamu dengan teh Bunga Krisan dan Kripik Krisan (daun bunga krisan yang pohonnya organik.. jadi pas masa pertumbuhan tanpa obat-obatan gitu cyiiin). Nah sambil menikmati teh bunga krisan (Baunya seh kayak bunga dan rasanya emang beda sama teh dari daun teh) dan kripik krisan (kalau ini rasanya 11-12 sama kripik bayem lah) rombongan kami  juga tanya-tanya dari pembibitan, pengen nambah jenis bung lagi gak dll. Pada intinya adalah petani bunga di desa Gerbosari ini sedang belajar terus menurus dan mencoba mengembangkannya. Jika kalian mau tau lebih banyak banyak quality time lah sama petani bunga biar nambah wawasan.
 

Untuk keterangan lebih lanjut mending PM/DM ke FBnya Pak Edi

Sebelum menutup update ini jika kalian ingin membawa pulang oleh-oleh atau merasakan teh bunga krisan dan keripik krisan bisa dibeli Mas sidik ini yang berada di depan gedung pertanaian Samigaluh. Asal kalian tahun saja semua olahan ini adalah olahan dari Ibu-ibu KWT kayak waktu miss Risna dolan-dolan di sekeliling rumah cuma beda produk tapi sama binaan dari pemerintah ^^V (ini ceritanya kalau versi miss Risna)

Neh yang tanya Rute kebun bunga | pict by @info_samigaluh

Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Suka sama mie ayam, kuwaci lovers dan lagi butuh patner piknik yang suka motoin, bukan yang minta dipotoin ^^v.

18 komentar:

  1. uuuhhh kereeenn mbayar gak nih mbak buat masuk ke dalam dan foto"??? hehe kalo aja di jogja ada kayak gini bakal rame dibuat kayak Selectanya Malang itulohhh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Free kok mas... aamiin kedepannya juga bakal seperti itu kayaknya. kalau mau ikut besok sabtu kayknya juga ada yang mau kesana anak dari fbkp

      Hapus
    2. kapan kesana mas angki,,penasaran uyy :D

      Hapus
    3. Kalu mau kesan bulan novmebr mas... kemarin nganter temen kesana udah pada habis bunganya. kata petani bulan november nanti kebun yang satunya siap panen

      Hapus
  2. wah mungkin bulan november asik tuh mas...saya pengen beli tanamannya di bawa ke Jogja bisa hidup gak ya itu???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok mas...mereka menyediakan bunga dalam pot cuma harganya lumayan lebih mahal tapi gak semahal ketika beli di toko bunga

      Hapus
  3. Bunga bikin kita jadi semangat sist... buanga juga buat obat.. karena itu saya sering beli di Toko Bunga deket rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah nyari bibit bunga neh sist. ada ??

      Hapus
  4. musim bunga nya bulan apa ajj gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya 2 bulan sekali panen.. atau kalau gak mas-nya konfrim dulu ke no yang ada di atas dengan Pak Edi

      Hapus
  5. menarik artikelnya, sangat membantu sekali. ijin share gan http://apotekacemaxs.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Liya ... silahkan share ^_^ semoga bermanfaat

      Hapus
  6. Dr per3an karang arahnya kmna ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. depan balai kantor pertanian samigaluh ada rumah dan kebun bunga kok mbak.tnya saja warga situ nanti di antar, kantor balai pertanian kayaknya sebelum pertigaan karang

      Hapus
  7. trimmaksih infonya...
    sangat menarik dan bermanfaat...
    mantap...

    BalasHapus
  8. wah duah keturutan mbak seep thx yax... mantap

    BalasHapus