Yuk Lakukan Sleep Hygiene untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

Rutinitas sebelum bobok ^^v | pict by unsplash.com
Sleep hygiene itu apa sih? Sleep hygiene menurut pemahaman miss Risna adalah rutinitas sebelum tidur agar kamu mendapatkan tidur yang berkualitas. Sleep hygiene ini aku dapat wakatu konsultasi dengan dokter. Yups...aku lumayan terbantu sekali dengan sleep hygiene ini apalagi metode ini ternyata ada benang merahnya dengan yang aku ceritakan di Berhenti Koleksi Barang untuk Terapi Lapar Mata


Sebelumnya, sekalipun challenge D12 DI #BPN30daychallenge2018 ini adalah "5 tips hidup sehat ala kamu". Aku rasa haru mengubahnya sedikit walau masih dalm lingkup hidup sehat. 5 tips menjadi 5+ hal untuk mendapatkan kesehatan jiwa dan raga.

Seperti yang sudah miss Risna omongin di awal bahwa sleep hygiene adalah sebuah rutinitas sebelum tidur. Jadi rutinias ini In syaa Allah akan mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidur yang berkulitas itu bukan  hanya tentang tidur 6-8 jam sehari. Tapi jika kamu bangun tidur dan jiwa ataupun raga kamu lebih segar maka tidurmu itu berkualitas meskipun hanya berlangsung <6 jam. Nah penasaran? Berikut adalah 5+ hal entang bagaimana melakukan sleep hygiene dari miss Risna yang didapat waktu konsultasi sama dokter.

Ingat bahwa tempat tidur itu hanya untuk tidur dan hubungan suami istri


Ini merupakan hal penting yang dokter sampaikan padaku. Bahwa tempat tidur itu hanya memiliki 2 fungsi jadi jangan pernah melakukan aktivitas di atas tempat tidur. Seperti makan, nonton, main hape ataupun laptop. Itu adalah hal yang terlarang dan harus dihindari (jujur ini susah dan masih tahap perlahan meninggalkan)

Harus mempunyai jadwal tidur dan bangun yang tetap

Mungkin agak sulit untuk orang yang memiliki jadwal yang super padat, kerjaan serabutan,freelance, atau yang mementingkan nanti juga ada waktu bisa tidur. Hal seperti ini gak baik untuk tubuh jika dilakukan dengan terus menerus. Mungkin tubuh akan terbiasa tapi sangat tidak baik. Jadi usahkan mulai sekarang memiliki jam tidur dan jam bangun yang tetap.

Jangan terlalu kenyang atau lapar ketika akan tidur

Ingatlah bahwa organ tubuh juga butuh nutrisi dan istirahat. Jadi jangan terlalu kenyang ketika akan tidur. Hindari makan berat ketika akan tidur. Kalaupun lapar cobalah makan camilan yang menyehat tentunya. Seperti buah atau snack yang bukan snack berat ya. Jangan terlalu lapar juga karena akan membuat tidurmu tidak nyenyak karena menahan rasa lapar.

Ciptakan suasana nyaman ketika kamu akan tidurmu

Kamu bisa melakukan dengan meredupkan atau mematikan lampu kamar. Pastikan juga badan kamu bersih atau bisa juga kamu mandi terlebih dahulu ketika akan tidur. Lakukan dengan mengunakan air hangat yang akan merelaksasikan tubuh kamu. Pastikan juga suasana tempat tidur kamu dalam keadaan rapi atau bersih dan hindari suara bising. 

Lakukan olahraga rutin 

Tak bisa dipungkiri bahwa olahraga tau kegiatan fisik ini sangatlah berguna untuk tubuh dan kesehatan kita. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahraga asal kamu melakukannya dengan benar dan teratur. Karena kelelahan dari olahraga atau aktivitas fisik akan membuat kita lebih pules saat tidur (ini sih yang miss Risna rasakan)

Tambahan untuk para Insomia

+ Minum teh ataupun kopi maksimal setalah makan siang. Setelah itu sebaiknya kamu hindari.
+ Jangan sering melihat jam atau smartphone sambil main sosmed atau chatting jika sulit tidur.
+ Batasi tidur siangmu dengan maksimal 30-45 menit saja
+ Jika 20 menit masih belum bisa tidur, sgera tinggalkan tempat tidur dan keluar kamar. Lakukan aktivitas seperti nonton tv, membaca, mendengarkan musik atau hal lainnya. Jika sudah merasakan kelelahan dan mengantuk segera berbegas menuju tempat tidur.

Itulah bagaimana miss Risna mencoba untuk hidup sehat dengan mendapatkan tidur yang berkualitas. Karena kesehatan menurut miss Risna bisa kita dapatkan jika kita bisa memnafaatkan istirahat kita dengan baik dan berkualitas. Please jangan melakukan hal-hal ini jika masih ragu. Lebih baik konsultasikan ke dokter atau ahli lainnya agar mendapatkan hal yang baik. Karena setiap orang memiliki karakter atau hal-hal dalam memecahkan masalahnya termasuk kesehatan dengan cara dan jalannya sendiri. See you ^^v

Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Punya tekad buat explore plus santai manja di ujungnya baratnya Indonesia, alamnya Indonesia Timur, lihat oppa-oppa langsung di negaranya, menginjakan kaki di daratan negara Penjajah Indonesia dan bakalan kolaborasi sama idola Aamiin ^^v.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar