Menulis Blog itu Semacam Terapi

Helloo... Miss Risna kembali untuk aktif ngeblog lagi neh. Sebagai wujud konsisten dan sebuah challenge buat diri sendiri akhirnya Miss Risna mantap buat ikutan 30 Day Blog Challenge yang diadakan sama Blogger Perempuan Network. Mengingat dua tahun belakang ini Miss Risna kurang aktif dalam membersihkan debu-debu dan sarang laba-laba di personal blog Miss Risna tercinta ini. So... challange ini akan Miss Risna terima untuk 30 hari kedepan.

Photo by Tim Bennett on Unsplash | Edit by missrisna


Day - 1 dengan tema Kenapa Menulis Blog?

Hal ini membuat aku flashback kenapa aku bisa bikin akun blogger dan lahirlah www.missrisna.com ini? Setelah aku ingat-ingat, pertama kali yang mengenalkan aku dengan Internet hingga membuat akun email adalah Kakakku dan hal ini membuatku semakin asyik dengan berselancar di dunia maya. Hingga akhirnya entah kenapa aku lupa, aku bikin akun blogspot dan mulai nulis-nulis asal ajah gitu, tanpa tema. Yang jelas waktu itu tulisannya bisa dibilang alay.


Yups, Blog adalah semacam Diary Digital Pertamaku



Photo by gabrielle cole on Unsplash
Anak 90-an pastinya merasakan dong punya buku diary yang sampulnya super cute dan jangan lupa dengan gembok dan kunci. Nah aku dulu juga pernah punya tuh dan mencoba untuk menulis, cuma setiap lihat tulisanku sendiri, aku malah jengkel karena tulisanku gak bagus. Hingga akhirnya menemukan akun blogspot dan mencoba menulis semua hal yang aku rasakan, apa yang terjadi sama aku (tapi lebih ke percintaan sih, maklum anak ABG labil waktu itu). Waktu itu gak kepikiran banget kalau nulis bakal buat eksis dkk, karena sumpah waktu itu belum tahu kalau tulisan kita bakal ke index sama Google dan bisa di cari orang tanpa kita membagikan link. Hingga akhirnya waktu itu jaman SMA - Kuliah, akuN blogspot-ku tetap menjadi diary digital tapi lebih tertata walau temanya masih tetap percintaan. Mulai mencoba untuk ganti-ganti tema, otak-atik html, edit foto dkk.

Semasa kuliah neh, nemukan ilmu ternyata nge-blog kalau diseriusin bisa menghasilan uang atau keuntungan. Hingga akhirnya mulai tuh mencoba beberapa bikin blog bahkan sebuah website yang harus beli domain hingga hosting. Dari niche yang aku banget hingga niche yang lagi trend. Mulai belajar SEO, adsense dan segala hal tentang blogging. Cuma entah kenapa waktu itu akunya malah kurang fokus dan merasa gak nyaman ajah. Hingga aku kembali ke akun blogspotku walau blog-blog yang lain masih sering aku urus. Cuma akun blogspot ini aku mikirnya harus yang aku banget dan terbitlah akun blogspotku dengan tema lifestyle anak kuliahan kayak OOTD, Tempat Nongkrong, Review hingga curahatan anak kuliah.

Lulus Kuliah, Menulis Blog itu macam Candu dan Kebanggaan buat diri Sendiri


Photo by Christin Hume on Unsplash
Hingga akhirnya menulis blog menjadi semacam candu buat miss Risna. Apalagi setelah lulus kuliah. Yups, sehabis lulus kuliah emang sempat tuh sekiat 3 bulanan kerja lapangan jadi enumator di daerah Jawa Barat. Cuma sepulangnya dari kerjaan yang gak tetap itu, membuat aku nganggur sambil nunggu CPNS-an. Hal ini membuat ku gabut dan koneksi internet menjadi obat pembunuh kegabutan. Disinilah mulai rajin menulis blog. Kebanyakan tema tulisan blog sih macam kayak traveling, kuliner dan masih maksa tentang OOTD (padahal gak ada bakat #ootd ala cewek-cewek sesungguhnya). Dari masa kegabutan or masa ke-geje-an inilah aku menemukan hal atau tema yang ternyata cocok buat aku dan blogku. Yups karena waktu luang yang super geje akhirnya aku memilih untuk explore tempat-tempat wisata yang ada Kulon Progo atau Jogja yang masih belum terkenal. 

Cerita tentang explore inilah yang menjadi bahan tulisan aku dalam missrisna.com(yups, akhirnya aku beli domain .com biar lebih keren ajah ^^v). Ternyata tulisan ini mendapatkan respon dari google maupun oarang sekitarku cukup baik. Bisa dibilang karena pada masa saat itu lagi gencar-gencarnya #MTMA. Wajar niche yang aku pakai hampir tersangkut sama mbak google. Hal ini yang bikin menulis blog itu jadi macam candu dan kebanggaan tersendiri saat blog kita nangkring di page 1 google search (alay banget kan). Cuma saat titik terendah akhirnya muncul ....

Menulis blog itu ternyata semacam TERAPI DIRI yang paling OK!



Photo by rawpixel on Unsplash
Semenjak mulai kerja ala kantoran yang memiliki jam dan hari kantor yang tentunya terkadang ada lembur, membuat aku super malas buat menyentuh laptop. Ini dikarenakan selama jam kerja yang kurang lebih 8 jam sudah menatap layar komputer dan smartphone. Tentunya mata dan otakku butuh istirahat dong. Hingga waktu libur aku gunakan bener-benar buat istirahat atau refreshing gitu tanpa memikirkan konten yang bakal aku share di #missrisnastory. 

Cuma ... ternyata hal ini gak baik buat aku. Ada hal yang hilang ajah dari aku. Awalnya gak nyadar apa itu tapi akhirnya aku sadar atau lebih tepatnya di setengah disadarkan oleh beberapa orang. Aku terlalu fokus sama kerjaan tanpa memikirkan hal-hal yang aku sukai. Dulu aku setiap aku pergi kemana atau melakukan hal apa, aku selalu berbagai dalam tulisan. Tanpa memikiran apakah orang suka tulisanku atau apakah tulisan akan ada di page one google seacrh. Bahkan hingga aku piknik yang cuma piknik ajah terus habis itu kerja ini. Ternyata ini bikin kacau beb. 

Aku butuh menulis cerita dan berbagi ternayata. Ya ... paling gak berbagai buat sendiri. Merangkai segala kenangan yang ada d hati, otak untuk tertuang dalam tulisan dan gambar (edit foto maupun video). Ya ... karena kenangan itu kadang gak cukup buat dikenang saja tapi butuh diabadikan dalam berbagai bentuk. Salah satunya tulisan. Itu lah makanya miss Risna bilang bahwa menulis itu semacam TERAPI buat aku. Segala sesuatu akan menjadi lebih enteng kalau kita berbagai bukan? 

So, itu kenapa miss Risna suka menulis blog dan mulai ternyata tentang ikutan #BPN30daychallenge2018. OK ! Karena aku juga penasaran, buat kalian yang mampir di personal blog ini dan punya blog, miss Risna juga mau tanya Kenapa sih kalian ngeblog?
kalian Bisa komen di artikel ini ya ^^V


Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Punya tekad buat explore plus santai manja di ujungnya baratnya Indonesia, alamnya Indonesia Timur, lihat oppa-oppa langsung di negaranya, menginjakan kaki di daratan negara Penjajah Indonesia dan bakalan kolaborasi sama idola Aamiin ^^v.

2 komentar:

  1. Yeah, terapi jiwa supaya tidak gampang stress karena uneg-uneg terlalu banyak di kepala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups bener banget kak. Terima kasih sudah mampir kak

      Hapus