Curug Setawing, Air Terjun Yang Bersembunyi Di Pasar Jonggrangan Girimulyo


Curug Setawing - Jonggrangan, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo
Perjalanan dari Tompak View menuju Curug Setawing di hari Rabu, 28 Januri 2015 yang cerah kemarin tidak memakan waktu yang lama. Cukup sekitar 10 menit malah gak nyampai, kami segera bersua dengan Pasar Jongggrangan yang berada di sisi kanan jalan dari Tompak View. Ya Pasar Jonggrangan ini emang salah satu point atau ancer-ancer yang sangat membantu untuk menuju ke Curug Setawing. Jadi kalau kalian lihat gerobak mie ayam berwarna biru di Pasar Jonggrangan, disebelahnya ada jalan masuk untuk menuju Curug Setawing. Ikutin adalah jalan cor semen ketika menemukan pertigaan, kalian ambil arah kiri dan sampai di parkiran.


Masih dengan rute ini dengan tujuan titik mawar ^_^
neh banner di pasar Jonggrangan ... vandalisme jangan di contoh ya ^^v

Ok jadi aku ulangi untuk rutenya ya.Jika kalian dari Jogja (Misal Pertempatan Demakijo) - ambil arah ke Godean-Nanggulan - setelah kalian melewati jembatan sungai Progo akan ketemu perempatan Nanggulan - ambil kiri menuju Janti (lurus juga bisa, tapi Miss Risna belum pernah.heheh) - Pertigaan puskesmas Janti ambil kanan - lurus terus sampai kantor kecamatan atau pasar Sribit ambil jalan yang lurus dan menanjak - lurus terus - ketemu pertigaan ambil yang arah Gua Kiskendo - ketemu pasar Jonggrangan ada jalan kecil cor semen - masuk ajah udah banyak papan petunjuk.
Gueh udah pernah kesini.... Loe??
Jalan menuju Curug Setawing kalu hujan lumayan licin
Tahu Curug Setawing yang ada di Jonggrangan, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo ini dulu dikasih tahu sama Desy dan dikirimi fotonya waktu masih perawan. Eh ... belum sempat kesana, 2 bulan setelahnya curug ini booming banget dengan sedikit penampilan bersih tapi masih alami waktu lihat di social media dan resmi dibuka oleh warga Jongrangan 1 Januari 2015 lalu. Nah ... berhubung kami berkunjung di hari biasa bukan weekend atau hari libur sesampainya kami di parkiran, rumah yang dijadikan tempat parkir masih tutup dan hanya motor kami yang terparkir disana tapi kami tetap memarkiran motor kami disini. Nah kamipun segera berjalan menuju Curug Setawing. Mbeh lumayan sepi tapi beberapa kali ketemu motor yang sedang mengangkut rumput atau kayu. Yup, seperti cerita Desi waktu kunjungan pertamaku di Curug Setawing yang dihadiahi hujan lumayan lebat dan awet lalu bahwa curug Setawing ini emang berada di sisi jalan pertanian warga. Jalan menuju curug inipun sudah jalan cor semen loh. Selama perjalan kami juga bertemu dengan warga Jonggrangan yang sangat ramah dan penuh senyuman. hehehe ... Keren lagi warga disini sudah menyediakan tempat sampah di beberapa titik jalan. Jadi jangan buang sembarangan lagi ya. 

Jalan dan rumah-rumah yang dibangun warga
Suara bambu ini akan terdengar saat kita menuju curug

Tanaman ini berasa khas Curug Setawing .hahaha
Kok iso ya mbanyune medun??
Tak butuh waktu lama kami berjalan kaki untuk menuju curug Setawing dan hari itu pengunjungan baru kami berdua. Hanya waktu itu sudah ada warga yang sedang merumput, atau sekedar bersih-bersih dan bercakap-cakap di warung yang ada disebrang curug. Debit air curug hari itu lumayan kecil dibandingkan waktu aku berkunjung sama Kethik. Tapi tak mengurangi keindahan Curug Setawing. Hanya saja kalau boleh jujur, aku lebih suka wajah Curug Setawing di foto yang dikirim sama Desy. Terlihat lebih cantik dan natural gitu. Tapi yang jelas penataan yang dilakukan oleh warga ini semata-mata untuk memberikan kenyamaan untuk para pengunjung saat menikmati Curug Setawing. Rumah-rumahan yang dilengkapi kota P3K pun amat sangat bermanfaat ketika tiba-tiba hujan menguyur ketika kita menikamti curug ini. Jalan bertangga dan aneka tamanan yang ditanam warga ini juga pastinya untuk memudahkan kita mendekat ke curug dengan lebih nyaman nan indah. Oh ya ... buat kalian yang mau donasi tanaman hias untuk memperindah Curug Setawing ini boleh juga loh. Buat kalian yang mau ciblon pun juga bisa karena emang air yang mengalir dari Curug Setawing ini berasal dari sumber mata air jadi seger dan bening gitu.
With Mboeli di Curug Setawing

Curug Setawing dengan debit yang lebih kecil

mejanya lucu kan?
See You Curug Setawing

Aku dan Mboeli pun yang hari itu menguasai Curug Setawing berdua dengan santai berfoto-foto di beberapa spot dekat curug tanpa berciblon karena masih mau ada beberapa tempat yang kami kunjungi. Hingga tiba dimana ada dua cewek cantik yang datang menikmati curug dan langsung berfoto dibawah Curug Setawing ini. Kamipun segera pindah spot lain untuk mengabadikan Curug Setawing secara keseluruhan. Setelah puas dan semakin ramai kamipun segera bergegas kembali ke parkiran untuk melanjutkan berjalan kami. Untuk kalian yang mau berkunjung di Curug Setawing ini cukup membayar uang parkir untuk motor Rp 2000, sedangkan semacam retribusi masih bersifat sukarela dan jangan lupa untuk mengisi buku tamu tuliskan kesan dan saran kalian biar kedepan curug ini makin lebih baik. Jangan pernah ninggalin jejak berupa sampah ataupun coretan bahkan merusak fasilitas yang udah ada.Oh ya untu fasilitas toilet ada di tempat parkir ya ^^v. Yuh lanjut ke destinasi selanjutnya yaitu Air Terjun Mbang Soka (Kembang Soka).

Neh peta wisata Girimulyo | pict : FB - Panorama Girimulyo

Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Suka sama mie ayam, kuwaci lovers dan lagi butuh patner piknik yang suka motoin, bukan yang minta dipotoin ^^v.

7 komentar:

  1. Wuih, ternyata deket sama Pasar Jonggrangan ya? Seharusnya dulu mlipir kemari dulu sebelum ke Grojogan Sewu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tandanya mas wijna kudu balik lagi ke Kulon Progo .... ada Air Terjun Kedung Gandu yang baru ajah ditemuin warga tapi belum ada akses jalan. Jadi kayk mas Wijna kudu blusukan mas ^^v

      Hapus
  2. izin copy gbr rute lokasi ya Miss Risna...saya orang Jogja di perantauan utk estimasi liburan (ekskul fotografi) setelah lebaran nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan...boleh banget kok ^^v. mari jelajahi alam kulon progo dan kenalkan kulon progo pada dunia :)

      Hapus
  3. Boleh minta no. Atau pin nya, aku baru tau kulon progo n mau explore lebih lagi. Tolong bantu ya

    BalasHapus
  4. Miss Rina, boleh copy fotonya ?
    Buat bahan cerpen saya mbak, please.."

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejak kapan namaku ganti kakak? kalo ganti aku harus buat jenang sumsum kaka.hahaha
      Boleh kok kakak, asal dikasih sumber foto via blog ini saja. terima kasih, sudah kesasar di blog saya

      Hapus